Kompakers Pontianak Asah Skill Para Member, Jadikan Hobi Sebagai Penghasilan Lewat Fotografi Komersial

Peringati hari jadi kelima dengan workshop ‘Fashion Photography’

KalbarOnline, Pontianak – Memperingati hari jadinya yang kelima, Kompakers Pontianak menggelar Workshop ‘Fashion Photography’ yang dilangsungkan di Tentang Rasa Café Pontianak, Sabtu (29/2/2020) pagi. Workshop yang mengusung tema ‘Sparkle and Shine’ ini menghadirkan fotografer senior dari Betawi Photography Pontianak, Teguh Panglima sebagai pembicara.

Kompakers Pontianak
Kompakers Pontianak

Firanita selaku Ketua Kompakers Pontianak berujar, workshop yang digelar pihaknya itu selain sebagai wujud syukur atas kebersamaan para anggota Kompakers Pontianak selama lima tahun ini sekaligus sebagai ajang mempererat silaturahim antara anggota Kompakers Pontianak, juga untuk menggembleng atau mengasah skill para anggota Kompakers Pontianak dalam dunia fotografi.

“Selain sebagai wujud syukur kami atas kebersamaan yang telah terjalin selama 5 tahun sekaligus ajang mempererat persaudaraan di antara member Kompakers Pontianak, juga untuk mengasah skill kami para anggota Kompakers Pontianak dalam dunia fotografi. Karena memang, beberapa anggota kita sudah menjadikan hobi memotret ini sebagai penghasilan lewat fotografi komersial baik untuk wedding fotografi dan sebagainya,” ujarnya saat diwawancarai usai workshop.

Kompakers Pontianak
Kompakers Pontianak

Wanita berhijab ini turut mengungkapkan bahwa dalam kegiatan itu, para peserta diberikan challenge. Nantinya mereka, kata dia, dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok, akan diberikan satu model untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam workshop tersebut.

“Mereka kita berikan challenge, masing-masing peserta dibagi menjadi tiga kelompok lalu diberikan satu model sebagai ajang challenge bagi mereka untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat dalam workshop ini. Tujuannya yaitu untuk mengasah skill mereka tentang potret potografi,” tandasnya.

Baca Juga :  Pastikan Tak Ada Penimbunan, TPID Sidak Pasar dan Gudang Jelang Natal dan Tahun Baru

Fotografer senior puji semangat member Kompakers Pontianak

Fotografer senior dari Betawi Photography Pontianak, Teguh Panglima saat menjadi pembicara dalam workshop yang digelar Kompakers Pontianak
Fotografer senior dari Betawi Photography Pontianak, Teguh Panglima saat menjadi pembicara dalam workshop yang digelar Kompakers Pontianak (Foto: ist)

Sementara Teguh Panglima mengaku senang bisa hadir dalam workshop yang digelar Kompakers Pontianak dalam rangka memperingati hari jadi komunitas fotografi perempuan itu. Dirinya pun memuji semangat para anggota Kompakers Pontianak untuk terus menggali potensi mereka dalam dunia fotografi.

“Ini kali kedua saya hadir sebagai pembicara. Sebelumnya hadir pada peringatan hari jadi Kompakers Pontianak pada Hari Jadi ke-3 tahun 2018 lalu. Di kali kedua saya hadir ini, ternyata mereka sangat aktif. Kebetulan saya juga terus memonitor Kompakers Pontianak ini lewat akun Instagram mereka, ternyata di internal mereka ini (Kompakers Pontianak), masing-masing anggota diberikan tugas foto mingguan, yang nantinya mereka upload di instagram,” tukasnya.

“Kembali pada tahun 2018 lalu, saya mengira yang namanya perempuan atau ibu-ibu muda ini di dunia fotografi ini hanya sekedar mengisi waktu, ternyata mereka serius seiring dua tahun ini. Ada beberapa dari anggota Kompakers Pontianak ini yang sudah merambah ke fotografi komersial seperti wedding fotografi dan sebagainya. Nah, yang saya sampaikan dalam workshop itu lebih kepada komersial. Artinya sudah masuk dalam profesionalisme,” timpalnya.

Adapun materi-materi yang disampaikan Teguh dalam workshop tersebut lebih kepada skill dan alat fotografi. Oleh karena itu, ia berpesan kepada para member Kompakers Pontianak, jika memang ingin serius menjadikan hobi memotret menjadi fotografi komersial, sedikitnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni skill, didukung alat yang mumpuni sesuai kebutuhan dan marketing serta jejaring.

Baca Juga :  Bahasan Sebut Pontianak Fashion Carnaval Ajang Kreativitas Generasi Milenial

“Yang pertama itu alat, kemudian skill untuk memaksimalkan alat yang mumpuni itu, kemudian marketing atau promosinya serta jejaring. Apalagi di zaman teknologi sekarang ini media belajar sudah semakin mudah, bisa saja mendatangkan ahli, belajar lewat internet (youtube) dan sebagainya. Saya yakin, member Kompakers Pontianak memiliki potensi yang luar biasa di dunia fotografi, tinggal bagaimana memaksimalkan potensi ini,” pesannya.

Tak hanya itu, ia juga berpesan kepada Kompakers Pontianak untuk tetap menjaga silaturahmi, perbanyak agenda kegiatan komunitas dan terus berkarya.

“Yang utama terus jaga silaturahim, perbanyak agenda komunitas dan terus berkarya,” pungkasnya.

Sebanyak 20an peserta hadir dalam workshop tersebut. Peserta sebanyak itu merupakan para anggota Kompakers Pontianak. Seperti diketahui, Kompakers Pontianak di bawah naungan UploadKompakan, merupakan komunitas fotografi perempuan yang memulai kegiatan posting bareng di Instagram.

Sampai saat ini, anggota (followers) @UploadKompakan di Instagram sudah mencapai ±190.000 akun yang tersebar luas di dalam dan luar negeri. Totalnya ada 37 Kompakers wilayah yang masih aktif termasuk kompakers dari luar negeri seperti Kompakers Eropa dan Kompakers Qatar. (Fai)

Comment