Mums, Yuk Ajak Si Kecil Bermain Playdough

Sampai saat ini, playdough masih menjadi salah satu mainan yang digemari oleh anak-anak. Ya, warnanya yang menarik dan teksturnya yang dapat dibentuk sesuka hati memang menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, tahu enggak sih Mums ternyata playdough bukan hanya menjadi mainan yang mengasyikkan untuk si Kecil yang masih balita? Ada sejumlah manfaat positif dari bermain playdough untuk perkembangannya. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Manfaat Bermain Peran bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Manfaat Bermain Playdough untuk Perkembangan Balita

Playdough adalah mainan sejenis plastisin yang bisa dibentuk sesuai keinginan. Awalnya, playdough dibuat pada tahun 1930-an untuk membersihkan wallpaper. Namun di tahun 1950-an, kegunaan playdough mulai bergeser menjadi mainan edukasi untuk anak-anak.

Playdough menjadi pilihan mainan yang aman untuk anak-anak karena tidak beracun dan dapat digunakan berkali-kali. Selain menghibur anak-anak, ada beberapa manfaat dari bermain playdough untuk perkembangan mereka. Berikut di antaranya!

1. Mengembangkan keterampilan motorik halus

Ketika anak-anak membuat playdough menjadi berbagai bentuk, mereka sebenarnya sudah membangun kekuatan di tangan mungil mereka. Kegiatan seperti menekan, menggulung, atau meratakan playdough, membantu anak-anak mengembangkan otot pada tangan. Hal ini sangat berguna untuk melatih motorik halus, seperti memegang pensil atau menggunakan gunting.

Baca Juga :  Ketahui Beragam Manfaat Yoghurt untuk Anak dan Waktu Tepat untuk Memperkenalkannya!

2. Memberikan efek menenangkan

Sama seperti squishy, meremas playdough sangat efektif untuk membantu menenangkan anak-anak. Bermain playdough dapat membantu meredakan ketegangan, melepaskan energi berlebih, meningkatkan fokus, dan mengekspresikan emosi. Jadi jika si Kecil tampak frustasi atau stres, ajak ia untuk duduk dan bermain playdough yang dimilikinya, dan lihat perubahan sikapnya.

3. Mendorong kreativitas anak

Tidak peduli berapa banyak jumlah dan warna apa saja dari playdough yang dimiliki, ada banyak kreasi yang bisa dibuat anak-anak dari mainan tersebut. Membuat bentuk tertentu dari playdough mendorong anak-anak untuk mengembangkan imajinasi mereka dan membuat mereka menjadi lebih inovatif.

Baca juga: Mums, Ini Cara Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Anak!

4. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Saat bermain playdough, anak-anak mungkin terpancing untuk menggunakan peralatan lain, seperti rolling pin dan pemotong kue. Alat-alat yang memiliki berbagai ukuran ini dapat membantu anak dalam mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata. Mereka akan mengupayakan berbagai cara untuk membuat playdough yang semula tidak berbentuk menjadi sesuai keinginannya.

5. Meningkatkan keterampilan sosial

Ketika si Kecil bermain playdough dengan anak-anak lain atau bahkan orang dewasa, ini bisa menjadi cara yang sangat baik dalam mengembangkan keterampilan sosialnya. Anak-anak akan belajar tentang caranya berbagi playdough, menggunakan alat secara bergantian dan bersamaan, serta menghabiskan banyak waktu untuk berdiskusi dan bekerja sama. Dari sini, anak-anak akan meningkatkan keterampilan sosialnya. Mintalah si Kecil untuk menjelaskan apa yang dilakukan dengan playdoughnya. Ini akan membantu anak untuk lebih terbuka dan mau berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga :  Rekomendasi Produk Kipling Indonesia yang Trendi

6. Meningkatkan kemampuan kognitif

Bukan hal yang mudah memang untuk mengajak anak belajar, terutama hal yang rumit seperti membaca atau berhitung. Nah, bermain playdough bisa menjadi sarana yang luar biasa dalam membantu Mums untuk mengajarkan anak-anak berhitung, bentuk, deskripsi, dan banyak lagi.

7. Membuat anak tetap aktif bermain

Di dunia yang sekarang serba menggunakan teknologi ini, tak jarang anak-anak cenderung lebih tertarik menggunakan gadget. Alih-alih membiarkan anak terus berkutat di depan gadget sepanjang hari, berikan mereka playdough dan ajak untuk bermain bersama. Bermain playdough dapat membantu anak-anak lebih tenang dan fokus, tetapi tetap aktif melatih panca indera dan keterampilan dalam prosesnya.

Tuh kan Mums, ternyata selain menyenangkan, bermain playdough juga memiliki sejumlah manfaat untuk perkembangan balita. Jadi, apa Mums berniat untuk mengajak si Kecil bermain playdough bersama? (AS)

Baca juga: Mengembangkan Karakter Anak dengan Bermain

Sumber

Sunshine House. “7 Benefits of Playing with Play Dough“.

Comment