Categories: Landak

Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin Datangi Lokasi Banjir di Desa Tempoak

40 rumah warga tergenang

KalbarOnline, Landak – Tingginya intensitas curah hujan selama sepekan terakhir yang mengakibatkan peningkatan debet air sungai Melinsam, sehingga terjadinya genangan air di beberapa lokasi di Desa Tempoak Kecamatan Menjalin, Selasa (20/11/2018) pagi.

Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin, Brigadir Wawan Andriatna yang mendatangi lokasi banjir tersebut mendapatkan informasi via telpon langsung dari Kepala Desa Tempoak bahwa terdapat beberapa rumah warga di Desa Tempoak yang sudah terendam banjir akibat musim penghujan saat ini.

Informasi yang didapat dari warga setempat bahwa ada sekitar 40 rumah warga yang terendam banjir tepatnya di Dusun Tempoak dan Dusun Tareng dan putusnya arus transportasi karena beberapa titik jalan yang tergenang air dengan ketinggian air sekitar 70 centimeter.

Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi menuturkan debet air akan terus meningkat dan sulit berkurang jika intensitas hujan terus terjadi hal ini dikarenakan kurangnya saluran air yang dapat mengurai debet air yang menggenangi beberapa titik lokasi banjir tersebut.

“Warga diharapkan lebih waspada dan diminta untuk mengungsi ke lokasi atau tempat yang lebih tinggi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan mengamankan barang-barang berharga serta kendaraannya sambil menunggu debet air turun dan bantuan evakuasi jika situasi semakin memburuk,” tukasnya.

Sementara Kades Tempoak, Damianus yang saat ini tidak bisa dijumpai dikarenakan sedang melakukan ritual adat ‘belala’ di Dusun Cagat sebagai permohonan do’a tolak bala agar peristiwa musibah banjir di Desa Tempoak dapat segera selesai dan tidak bertambah parah, meminta kepada pihak terkait untuk melakukan antisipasi dan bantuan dengan kejadian banjir saat ini.

Penulis: Oktavianto/Humas Polsek Menjalin

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

10 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

10 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

12 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

12 hours ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

20 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

20 hours ago