Categories: Ketapang

UAS Diberi Gelar Kyai Mangku Jagadilaga oleh Keraton Matan Tanjungpura

KalbarOnline, Ketapang – Kerajaan Matan Tanjungpura memberikan gelar ‘Kyai Mangku Jagadilaga’ kepada Ustad Abdul Somad (UAS). Pemberian gelar tersebut disematkan oleh Raja Matan Tanjungpura, Pangeran Ratu Kertanegara di Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura, Sabtu (20/10/2018).

Raja Matan Tanjungpra, Pangeran Ratu Kertanegara, Ir Gusti Kamboja mengatakan bahwa pemberiaan gelar kepada Ustadz Abdul Somad sebagai bentuk apresiasi Kerajaan Matan terhadap kegigihan UAS dalam berdakwah di seluruh nusantara.

“Beliau telah mewakafkan dirinya untuk berdakwa dan menyatukan bangsa Indonesia agar tetap kokoh. Untuk itu kami menganugerahi gelar kebesaran kepada beliau agar tetap di jalan dakwah untuk merawat bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pemberian gelar dilakukan langsung di Istana Keraton Matan Tanjungpura dengan dihadiri para tokoh masyarakat yang langsung dinobatkan oleh Pangeran Ratu Kertanegara.

Selain pemberian gelar, Kerajaan Matan Tanjungpura juga mengenakan darjah kebesaran kepada UAS. Ia menilai kedatangan UAS di Istana Matan Tanjungpura menjadi momentum kebangkitan umat Islam Ketapang khususnya dan Indonesia umumnya.

“Kyai Mangku Jagadila yang disematkan kepada Ustad Abdul Somad memiliki makna tokoh terhormat dan mulia sebagai penjaga kedaulatan dan persatuan negara bangsa Indonesia dengan ilmunya,” tukasnya.

Sementara Ustadz Abdul Somad kepada KalbarOnline mengucapkan terima kasihnya kepada Kerajaan Matan Tanjungpura atas gelar yang diberikan kepadanya. Ia juga mendoakan semoga Allah melimpahkan Rahmat-Nya kepada Negeri Matan berserta seluruh kerabat Kesultanan Matan Tanjungpura.

Selain itu, dalam kesempatan itu, Kerabat Kerajaan Matan Tanjungpura juga memberikan cendramata sebuah duplikat manuskrif fiqih arab Melayu tahun 1896 dan Batu Kecubung Ungu. (Adi LC)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Ani Sofian Dorong Guru Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menutup secara resmi kegiatan Lokakarya 7…

1 hour ago

Angka Stunting Pontianak Kembali Turun

KalbarOnline, Pontianak – Angka stunting di Kota Pontianak berhasil turun pada awal tahun 2024 menjadi…

1 hour ago

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

5 hours ago

Menteri AHY: Saya Tidak Ikhlas jika Ada Tanah Rumah Ibadah Dirampas Mafia Tanah

KalbarOnline.com, Gowa - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

5 hours ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

14 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

17 hours ago