Categories: Pontianak

Jelang Pilkada Serentak, Warga Rekam Data KTP-el Melonjak

Disdukcapil Akui Terkendala Jaringan di Pusat

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Suparma mengakui adanya peningkatan yang signifikan dalam perekaman data KTP elektronik (KTP-el) menjelang Pilkada serentak yang juga akan digelar di Kota Pontianak.

Betapa tidak, sejak Januari hingga memasuki bulan Februari 2018 ini, tercatat 1.897 orang yang melakukan perekaman KTP-el. Padahal, sebelumnya jumlah warga yang merekam data untuk KTP-el berkisar antara 200-300-an.

“Untuk mengakomodir ini, kita juga melakukan jemput bola seperti halnya di kawasan Car Free Day (CFD), ke sekolah-sekolah di mana para pelajar yang memasuki usia 17 tahun wajib memiliki KTP-el,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/2).

Suparma mengingatkan kepada seluruh warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el, untuk sesegera mungkin mendatangai loket-loket pelayanan Disdukcapil. Diakuinya, yang menjadi sedikit kendala adalah pencetakan fisik KTP-el sebab kondisi mesin yang tersedia masih terbatas kemampuannya dalam pencetakan KTP-el.

“Dalam sehari, idealnya dengan menggunakan tiga mesin cetak hanya mampu mencetak 500-an KTP-el. Namun kondisi jaringan yang sering mengalami gangguan sehingga kami harus mengerjakannya di luar jam dinas, terkadang sore hingga malam hari,” ungkapnya.

Menurutnya, kendala jaringan bukan dari Disdukcapil Kota Pontianak tetapi jaringan atau server yang berada di pusat. Bila kondisi jaringan lancar, pihaknya pun dengan cepat melakukan pencetakan KTP-el.  Upaya ini untuk mengejar target sebab masih tersisa 34 ribu lagi yang belum dicetak fisik KTP-el-nya.

“Tapi itu sudah siap cetak, tinggal pelaksanaan pencetakannya. Ini yang kita kejar setiap hari sebab gangguan jaringan dari pusat bukan kita, jaringan bagus kita kebut,” pungkasnya. (jim)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: AskimanBang Midji Ingin Buat Masyarakat Bangga Dengan KalbarBang Midji Lebih Pilih Bangun Jalan Ketimbang Perjalan Dinas ke Luar NegeriBang Midji: Saya Alumni dan Ketua Ulang Tahun Emas SMA Santo PaolusBang Midji: Tak Perlu Belajar Jauh-jauhBelajar di Pontianak Jak Semuanya AdaBerita BengkayangBerita Hari IniBerita InternasionalBerita Kapuas HuluBerita Kayong UtaraBerita KetapangBerita Kubu RayaBerita LandakBerita MelawiBerita MempawahBerita Nanga PinohBerita NasionalBerita OnlineBerita PontianakBerita SambasBerita SanggauBerita SekadauBerita SingkawangBerita SintangBerita TerkiniBerita Terkini Hari IniBupati SintangDisdukcapil Akui Terkendala Jaringan di PusatDituding Tak Berani Ucapkan Selamat NatalEdi - BahasanEdi 4 PontianakEdi KamtonoJarot WinarnoJelang Pilkada SerentakKalimantan BaratKapuas HuluKepala DLH Kota PontianakKunjungi Teluk PakedaiLebih 800 Orang Bersihkan Sampah di Tepian Sungai KapuasMasyarakat Harap dan Doakan Bang Midji Jadi Gubernur KalbarMasyarakat Pelosok Doakan Midji Norsan Menang di Pilgub Kalbar 2018Media Online KalbarMedia Online Kalimantan BaratMomen Langka Bang Midji Saat Safari ke TerentangMuda-JiwoPemerintah Kabupaten SintangPemerintah Kota PontianakPeringatan Hari Peduli Sampah NasionalPeringatan HPSN 2018Pilbup Kayong Utara 2018Pilbup Kubu Raya 2018Pilbup Mempawah 2018Pilbup Sanggau 2018Pilgub Kalbar 2018Pilkada Kayong Utara 2018Pilkada Kubu Raya 2018Pilkada Mempawah 2018Pilkada Sanggau 2018Pilkada Serentak 2018Rahmad Satria – RidwanRahmad Satria 4 MempawahSri SujiartiSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarUsung Tagline Kalbar BaruWakil Bupati SintangWakil Wali Kota PontianakWali Kota PontianakWarga Rekam Data KTP-el Melonjak

Recent Posts

Sutarmidji Cagub Kalbar Pertama yang Daftar di Hanura

KalbarOnline, Pontianak - Subhan Noviar yang menjadi utusan dari Sutarmidji mendatangi kantor DPD Partai Hanura,…

4 hours ago

Pemkot Pontianak Gelar Nobar Semifinal Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di PCC

KalbarOnline, Pontianak - Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Uzbekistan pada laga…

4 hours ago

Bosan dengan yang Itu-itu Saja? Dokter Rahmad Siap Bawa Perubahan Lewat Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Akbar Rahmad Putra, seorang dokter muda berusia 27 tahun menyatakan diri siap…

9 hours ago

Ani Sofian Dorong Guru Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menutup secara resmi kegiatan Lokakarya 7…

10 hours ago

Angka Stunting Pontianak Kembali Turun

KalbarOnline, Pontianak – Angka stunting di Kota Pontianak berhasil turun pada awal tahun 2024 menjadi…

10 hours ago

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

13 hours ago