Jelang Pilkada Serentak, Warga Rekam Data KTP-el Melonjak

Disdukcapil Akui Terkendala Jaringan di Pusat

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Suparma mengakui adanya peningkatan yang signifikan dalam perekaman data KTP elektronik (KTP-el) menjelang Pilkada serentak yang juga akan digelar di Kota Pontianak.

Betapa tidak, sejak Januari hingga memasuki bulan Februari 2018 ini, tercatat 1.897 orang yang melakukan perekaman KTP-el. Padahal, sebelumnya jumlah warga yang merekam data untuk KTP-el berkisar antara 200-300-an.

“Untuk mengakomodir ini, kita juga melakukan jemput bola seperti halnya di kawasan Car Free Day (CFD), ke sekolah-sekolah di mana para pelajar yang memasuki usia 17 tahun wajib memiliki KTP-el,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/2).

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan PDGI Kapuas Raya, Bupati Jarot Dorong Peran Aktif Dokter Gigi

Suparma mengingatkan kepada seluruh warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el, untuk sesegera mungkin mendatangai loket-loket pelayanan Disdukcapil. Diakuinya, yang menjadi sedikit kendala adalah pencetakan fisik KTP-el sebab kondisi mesin yang tersedia masih terbatas kemampuannya dalam pencetakan KTP-el.

“Dalam sehari, idealnya dengan menggunakan tiga mesin cetak hanya mampu mencetak 500-an KTP-el. Namun kondisi jaringan yang sering mengalami gangguan sehingga kami harus mengerjakannya di luar jam dinas, terkadang sore hingga malam hari,” ungkapnya.

Baca Juga :  9 Desa di Kapuas Hulu Terendam Banjir, Akses Jalan Poros Putussibau - Kalis Putus

Menurutnya, kendala jaringan bukan dari Disdukcapil Kota Pontianak tetapi jaringan atau server yang berada di pusat. Bila kondisi jaringan lancar, pihaknya pun dengan cepat melakukan pencetakan KTP-el.  Upaya ini untuk mengejar target sebab masih tersisa 34 ribu lagi yang belum dicetak fisik KTP-el-nya.

“Tapi itu sudah siap cetak, tinggal pelaksanaan pencetakannya. Ini yang kita kejar setiap hari sebab gangguan jaringan dari pusat bukan kita, jaringan bagus kita kebut,” pungkasnya. (jim)

Comment