Categories: Pontianak

Jokowi : Kalau Selalu Bersih, Pasar Rakyat Bisa Bersaing dengan Mall

Presiden Resmikan Enam Pasar Rakyat, Salah Satunya Pasar Tengah

KalbarOnline, Pontianak – Presiden Republik Indonesia, Jokowi meresmikan enam pasar rakyat di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Keenam pasar tersebut, salah satunya Pasar Tengah, diresmikan secara simbolis di Pasar Tengah, Jumat (29/12).

Peresmian keenam pasar itu ditandai dengan penandatanganan prasasti masing-masing pasar oleh Presiden Jokowi.

Ketika Pasar Tengah terbakar, ia sempat meninjau pasar itu bertepatan dengan kunjungannya di Pontianak tiga tahun silam. Saat itu, diakuinya kondisi Pasar Tengah sangat memprihatinkan di mana Pedagang Kaki Lima (PKL) bercampur baur dengan pedagang lainnya sehingga menyebabkan kawasan itu sangat kumuh. Dirinya punmenjanjikan segera membangun pasar itu kembali kala itu.

“Sekarang saya melihat kawasan ini sudah menjadi kawasan yang bersih, pasarnya juga sudah jadi, PKL juga sudah diberi tempat. Pasar ini menghabiskan anggaran Rp54 miliar dari Kementerian Perdagangan,” ujarnya.

Jokowi berpesan kepada para pedagang untuk melakukan perubahan supaya tercipta kenyamanan bagi para pembeli dan pedagang itu sendiri. Perubahan itu dengan melayani pembeli dengan baik, menjaga kebersihan lingkungan pasar supaya jangan becek dan kotor. Kebersihan pasar, kata dia, menjadi tanggung jawab para pedagang dan pengelola pasar.

“Kalau selalu bersih, pasar rakyat bisa bersaing dengan mall, retail maupun pasar modern,” sebutnya.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita menjelaskan, tiga tahun lalu Presiden Jokowi memerintahkan kepada pihaknya untuk segera membangun Pasar Tengah yang ludes terbakar tiga tahun silam.

“Hari ini kami sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa pasar ini sudah selesai dibangun,” ucapnya.

Ia menambahkan, hal menarik dari inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak adalah menyiapkan aplikasi informasi harga kebutuhan pokok sehingga terjadi persaingan antar pasar yang satu dengan lainnya, dengan demikian masyarakat bisa memilih pasar yang mana mematok harga termurah.

“Selain itu, konsistensi dan keberanian Wali Kota Pontianak beserta seluruh jajaran Pemkot Pontianak untuk menertibkan pasar yang sudah dibangun dan menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyebut, Pasar Tengah yang dibangun tujuh titik ini menelan anggaran senilai Rp54 miliar. Pasar itu mampu menampung 851 pedagang.

“Saya minta ke semua pedagang, jangan turun ke bawah lagi. Kalau turun ke bawah kita akan tipiring, saya akan tetap suruh tipiring dan kiosnya kita ambil, tidak ada lagi jualan di bawah,” tegasnya.

Untuk memberi efek jera, Sutarmidji akan meminta pengadilan menjatuhkan sanksi tipiring kepada para pedagang yang masih menggelar dagangannya di bawah atau kaki lima. Selain itu, ia juga akan menempatkan petugas Satpol-PP di Pasar Tengah.

“Saya akan minta pengadilan kalau perlu kenakan sanksi denda Rp5 juta, biar kapok sekalian. Kalau tidak begitu, tidak bisa diatur,” tukasnya.

Salah seorang pedagang Pasar Tengah, Rizky, mengaku merasa nyaman berjualan di pasar itu. Pedagang makanan ini menyebut, jika dibandingkan dengan sebelumnya ketika belum dibangun, sangat jauh berbeda.

“Sekarang lebih nyaman dan tertib. Fasilitasnya juga tersedia seperti musholla, toilet dan kebersihannya terjaga. Suasananya lebih nyaman dan pembeli pun meningkat jumlahnya,” pungkasnya. (Jim)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: Berita BengkayangBerita Hari IniBerita InternasionalBerita Kapuas HuluBerita Kayong UtaraBerita KetapangBerita Kubu RayaBerita LandakBerita MelawiBerita MempawahBerita Nanga PinohBerita NasionalBerita OnlineBerita PontianakBerita SambasBerita SanggauBerita SekadauBerita SingkawangBerita SintangBerita TerkiniBerita Terkini Hari IniEdi - BahasanEdi 4 PontianakEdi KamtonoEdi Rusdi KamtonoHadiri Perayaan Natal Nasional 2017 di PontianakIni Pesan JokowiIni Pesan Jokowi Kepada Masyarakat KalbarIni Pesan Mendalam JokowiJokowi : Kalau Selalu Bersih Pasar Rakyat Bisa Bersaing dengan MallJokowi Belanja Sepatu dan Baju di Mega Mall PontianakJokowi Bikin Pengunjung HisterisJokowi di PontianakJokowi Harap Pelayanan Lebih MaksimalJokowi Minta Pedagang Jaga Kebersihan dan Banyak SenyumJokowi Pastikan Awasi Proses Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk RakyatJokowi Sebut Denyut Nadi Perekonomian Ada di Pasar RakyatJokowi: Bentuk Implementasi Sila KelimaJokowi: Jangan terpengaruhJokowi: Tidak Ada Alasan Rakyat Tidak Pegang SertifikatKalimantan BaratKapuas HuluKetua DPD RI Tampak Kelelahan Dampingi Jokowi Blusukan di PontianakKunjungan Jokowi di KalbarKunjungan Jokowi di PontianakMedia Online KalbarMedia Online Kalimantan BaratMenuju Pilkada 2018Muda-JiwoMulai dari manfaatkan sertifikat yang diberikan hingga jaga keamanan jelang Pilkada 2018Mulai Dari Ngemall Hingga Ngopi Santai di AmingNgemall di PontianakOesman Sapta Tampak Kelelahan Dampingi Jokowi Blusukan di PontianakPemerintah Kota PontianakPenyerahan Sertifikat Tanah di PontianakPilbup Kayong Utara 2018Pilbup Kubu Raya 2018Pilbup Mempawah 2018Pilbup Sanggau 2018Pilgub Kalbar 2018pilih pemimpin yang berprestasiPilkada Kayong Utara 2018Pilkada Kubu Raya 2018Pilkada Mempawah 2018Pilkada Sanggau 2018Pilkada Serentak 2018Presiden Pastikan Awasi Proses Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk RakyatPresiden Resmikan Enam Pasar Rakyat Salah Satunya Pasar TengahRahmad Satria – RidwanRahmad Satria 4 MempawahResmikan BBM Satu Harga di PontianakResmikan Pasar Tengah PontianakResmikan Renovasi Pasar Tengah PontianakResmikan Terminal Baru Bandara Internasional SupadioSerahkan 110.394 Sertifikat Tanah Untuk Masyarakat KalbarSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarWakil Wali Kota PontianakWali Kota Pontianak

Recent Posts

Bosan dengan yang Itu-itu Saja? Dokter Rahmad Siap Bawa Perubahan Lewat Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Akbar Rahmad Putra, seorang dokter muda berusia 27 tahun menyatakan diri siap…

4 hours ago

Ani Sofian Dorong Guru Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menutup secara resmi kegiatan Lokakarya 7…

5 hours ago

Angka Stunting Pontianak Kembali Turun

KalbarOnline, Pontianak – Angka stunting di Kota Pontianak berhasil turun pada awal tahun 2024 menjadi…

5 hours ago

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

9 hours ago

Menteri AHY: Saya Tidak Ikhlas jika Ada Tanah Rumah Ibadah Dirampas Mafia Tanah

KalbarOnline.com, Gowa - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

9 hours ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

18 hours ago