Categories: Pontianak

Mendag RI Puji Konsistensi Pemkot Pontianak Tertibkan dan Jaga Kebersihan Pasar

Presiden Resmikan Pasar Tengah Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita menjelaskan, tiga tahun lalu Presiden Jokowi memerintahkan kepada pihaknya untuk segera membangun Pasar Tengah yang ludes terbakar tiga tahun silam.

“Hari ini kami sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa pasar ini sudah selesai dibangun,” ucapnya, saat mendampingi Presiden Jokowi pada peresmian Pasar Tengah Pontianak, Jumat (29/12).

Ia menambahkan, hal menarik dari inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak adalah menyiapkan aplikasi informasi harga kebutuhan pokok sehingga terjadi persaingan antar pasar yang satu dengan lainnya, dengan demikian masyarakat bisa memilih pasar yang mana mematok harga termurah.

“Selain itu, konsistensi dan keberanian Wali Kota Pontianak beserta seluruh jajaran Pemkot Pontianak untuk menertibkan pasar yang sudah dibangun dan menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyebut, Pasar Tengah yang dibangun tujuh titik ini menelan anggaran senilai Rp54 miliar. Pasar itu mampu menampung 851 pedagang.

“Saya minta ke semua pedagang, jangan turun ke bawah lagi. Kalau turun ke bawah kita akan tipiring, saya akan tetap suruh tipiring dan kiosnya kita ambil, tidak ada lagi jualan di bawah,” tegasnya.

Untuk memberi efek jera, Sutarmidji akan meminta pengadilan menjatuhkan sanksi tipiring kepada para pedagang yang masih menggelar dagangannya di bawah atau kaki lima. Selain itu, ia juga akan menempatkan petugas Satpol-PP di Pasar Tengah.

“Saya akan minta pengadilan kalau perlu kenakan sanksi denda Rp5 juta, biar kapok sekalian. Kalau tidak begitu, tidak bisa diatur,” tukasnya.

Salah seorang pedagang Pasar Tengah, Rizky, mengaku merasa nyaman berjualan di pasar itu. Pedagang makanan ini menyebut, jika dibandingkan dengan sebelumnya ketika belum dibangun, sangat jauh berbeda.

“Sekarang lebih nyaman dan tertib. Fasilitasnya juga tersedia seperti musholla, toilet dan kebersihannya terjaga. Suasananya lebih nyaman dan pembeli pun meningkat jumlahnya,” pungkasnya. (Jim)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: Berita BengkayangBerita Hari IniBerita InternasionalBerita Kapuas HuluBerita Kayong UtaraBerita KetapangBerita Kubu RayaBerita LandakBerita MelawiBerita MempawahBerita Nanga PinohBerita NasionalBerita OnlineBerita PontianakBerita SambasBerita SanggauBerita SekadauBerita SingkawangBerita SintangBerita TerkiniBerita Terkini Hari IniEdi - BahasanEdi 4 PontianakEdi KamtonoEdi Rusdi KamtonoEnggartiasto LukitaHadiri Perayaan Natal Nasional 2017 di PontianakIni Pesan JokowiIni Pesan Jokowi Kepada Masyarakat KalbarIni Pesan Mendalam JokowiJokowi : Kalau Selalu Bersih Pasar Rakyat Bisa Bersaing dengan MallJokowi Belanja Sepatu dan Baju di Mega Mall PontianakJokowi Bikin Pengunjung HisterisJokowi di PontianakJokowi Harap Pelayanan Lebih MaksimalJokowi Minta Pedagang Jaga Kebersihan dan Banyak SenyumJokowi Pastikan Awasi Proses Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk RakyatJokowi Sebut Denyut Nadi Perekonomian Ada di Pasar RakyatJokowi: Bentuk Implementasi Sila KelimaJokowi: Jangan terpengaruhJokowi: Tidak Ada Alasan Rakyat Tidak Pegang SertifikatKalimantan BaratKapuas HuluKetua DPD RI Tampak Kelelahan Dampingi Jokowi Blusukan di PontianakKunjungan Jokowi di KalbarKunjungan Jokowi di PontianakMedia Online KalbarMedia Online Kalimantan BaratMendag RI Puji Konsistensi Pemkot Pontianak Tertibkan dan Jaga Kebersihan PasarMenteri Perdagangan RIMenuju Pilkada 2018Muda-JiwoMulai dari manfaatkan sertifikat yang diberikan hingga jaga keamanan jelang Pilkada 2018Mulai Dari Ngemall Hingga Ngopi Santai di AmingNgemall di PontianakOesman Sapta Tampak Kelelahan Dampingi Jokowi Blusukan di PontianakPemerintah Kota PontianakPenyerahan Sertifikat Tanah di PontianakPilbup Kayong Utara 2018Pilbup Kubu Raya 2018Pilbup Mempawah 2018Pilbup Sanggau 2018Pilgub Kalbar 2018pilih pemimpin yang berprestasiPilkada Kayong Utara 2018Pilkada Kubu Raya 2018Pilkada Mempawah 2018Pilkada Sanggau 2018Pilkada Serentak 2018Presiden Pastikan Awasi Proses Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk RakyatPresiden Resmikan Enam Pasar Rakyat Salah Satunya Pasar TengahPresiden Resmikan Pasar Tengah PontianakRahmad Satria – RidwanRahmad Satria 4 MempawahResmikan BBM Satu Harga di PontianakResmikan Pasar Tengah PontianakResmikan Renovasi Pasar Tengah PontianakResmikan Terminal Baru Bandara Internasional SupadioSerahkan 110.394 Sertifikat Tanah Untuk Masyarakat KalbarSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarWakil Wali Kota PontianakWali Kota Pontianak

Recent Posts

Launching Pilgub Kalbar 2024, Ketua KPU RI Ajak Masyarakat Berpartisipasi

KalbarOnline, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat melakukan launching Tahapan Pemilihan Gubernur…

9 hours ago

Bupati Fransiskus Nostalgia di Reuni SMA Karya Budi Putussibau ke 40 Tahun

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka reuni akbar sekaligus syukuran SMA Karya…

9 hours ago

Wakil Bupati Kapuas Hulu Minta Panitia Bimbingan Manasik Haji Berikan yang Terbaik

KalbarOnline, Putussibau - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyampaikan, bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan…

9 hours ago

Ditinggal Pemilik, Dua Rumah Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Ludes Terbakar

KalbarOnline, Putussibau - Dua unit rumah milik Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu di Jalan Diponegoro…

12 hours ago

Sekda Ketapang Pimpin Rapat Persiapan Peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati

KalbarOnline, Ketapang - Persiapan dan pelaksanaan peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati akan dilaksanakan pada tanggal…

13 hours ago

Menteri AHY Dampingi Presiden Joko Widodo Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah untuk Masyarakat Banyuwangi

KalbarOnline.com, Banyuwangi - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala…

13 hours ago