Seluruh Camat dan Kepala Puskesmas se-Kapuas Hulu Komitmen Sukseskan Germas

Ditandai dengan penandatanganan MoU

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kapuas Hulu, seluruh Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Kapuas Hulu melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) sebagai bentuk komitmen bersama dalam rangka pelaksanaan Germas.

Kegiatan tersebut bertempat di Rumah Adat Melayu, Jalan Budaya, Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (25/7) lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara sosialisasi dan Advokasi Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasi serta pencanangan Germas yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, AM Nasir, SH.

Baca Juga :  Personel Sat Polair Kapuas Hulu Terima Penghargaan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

Penandatanganan MoU tersebut sebagai komitmen agar seluruh Camat dan Kepala Puskesmas ikut bertanggung jawab untuk melaksanakan Germas.

Adapun poin-poin yang disepakati berjumlah 11 poin, diantaranya membentuk Forum atau Pokja Germas di Kecamatan, merencanakan operasional pelaksanaan Germas, membuat dan mengeluarkan kebijakan Germas, melaksanakan aksi Germas, meningkatkan kebijakan dan upaya PHBS di Kecamatan dan Desa.

Selanjutnya mengalokasikan dan memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM), meningkatkan jumlah dunia usaha yang memanfaatkan CSR-nya untuk program kesehatan, meningkatkan jumlah organisasi kemasyarakatan yang memanfaatkan sumber dayanya untuk mendukung kesehatan, meningkatkan jumlah strata posyandu aktif, puskesmas melakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui penguatan UKBM di Desa, terakhir meningkatkan upaya Puskesmas untuk melaksanakan promosi kesehatan.

Baca Juga :  Serah Terima BMN Senilai Rp1,2 Miliar, Fransiskus Diaan Harap Lebih Banyak Lagi Pembangunan Pemerintah Pusat di Kapuas Hulu

Turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr.Andi Jap,M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, dr H.Harisson, M.Kes, pembicara atau narasumber dari Kementerian Kesehatan Jakarta. (Ishaq)

Comment