Cegah Stunting, Bagikan Tablet Tambah Darah Bagi Siswi SMKN 1

KalbarOnline, Pontianak – Program pembagian tablet tambah darah bagi remaja putri di sekolah-sekolah di Kota Pontianak masih bergulir. SMKN 1 Pontianak yang terletak di Jalan Danau Sentarum, Kecamatan Pontianak Kota, menjadi sekolah yang ditujukan dalam program bertajuk Aksi Bergizi tersebut.

Tablet tambah darah ini penting dikonsumsi, karena siklus menstruasi yang dialami remaja putri setiap bulannya mengakibatkan mereka kekurangan darah, sehingga mereka berisiko mengalami anemia.

Remaja putri yang menderita anemia berisiko mengalami anemia pada saat nanti setelah menikah dan hamil. Hal ini akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungannya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar dan Forkopimda Tinjau Proses Pemungutan Suara di Kelurahan Saigon

“Pembagian tablet tambah darah ini sebagai upaya mencegah anemia di kalangan remaja putri sehingga saat mereka kelak menikah dan mempunyai anak, anak yang dilahirkan tidak stunting,” ujar Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian didampingi Pj Ketua TP PKK Kota Pontianak, Anita Ani Sofian, usai membagikan secara simbolis tablet tambah darah di SMKN 1 Pontianak, Rabu (07/02/2024).

Menurutnya, remaja putri yang nantinya akan menjadi seorang ibu harus disiapkan menjadi generasi yang sehat sejak dini. Remaja yang menderita anemia akan berisiko pada saat hamil, hal ini juga akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan.

Baca Juga :  Jauh-jauh Datang dari Bali, Sampai Pontianak Malah Masuk Sel

“Dengan bersama-sama menggelar minum tablet tambah darah dan sarapan yang mengandung protein akan mencegah kekurangan gizi pada anak,” imbuhnya.

Dia berharap, pemberian tablet tambah darah secara rutin bagi remaja putri di Kota Pontianak akan menurunkan jumlah kasus stunting. Selain itu remaja di Kota Pontianak akan tumbuh menjadi remaja yang sehat, cerdas dan berkualitas.

“Kita ingin angka stunting di Kota Pontianak semakin berkurang bahkan bila perlu nihil,” harapnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment