Categories: Pontianak

Rumah Sakit Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Beri Edukasi tentang Skabies

KalbarOnline, Pontianak – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada 40  pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Skabies, Kamis (23/11/2023).

Dokter Muda Amalia Bestari, SKed, menuturkan skabies adalah penyakit yang disebabkan oleh infestasi kulit oleh tungau sarcoptes scabiei. Penyakit ini juga sering dikenal dengan kudis, budukan atau gudik.

“Tanda gejala yang sering muncul dari skabies seperti gatal pada kulit di malam hari, menyerang secara berkelompok, terdapat bintik-bintik di kulit (terowongan), dan sering terkena di daerah sela-sela jari tangan dan kaki, daerah lipatan tubuh lainnya,” jelasnya.

Dokter Muda Andi Muhammad Hasbi AH, SKed, juga menambahkan skabies dapat menular dari kontak langsung seperti berjabat tangan, tidur bersama, hubungan seksual, maupun kontak tidak langsung, misalnya pakaian, handuk, sprei yang digunakan secara bersamaan.

“Komplikasi akibat garukan, kulit dapat mengalami ekskoriasi dan terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Infeksi sekunder dapat memicu komplikasi sistematik seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung rematik,” paparnya.

Andi juga menambahkan skabies dapat dicegah dengan C-I-N-T-A yaitu Cegah kontak langsung dengan penderita skabies, Ingat selalu untuk jaga kebersihan diri, Nyuci pakaian, sprei, dan selimut secara rutin, Tidak menggunakan barang secara bersama, Ayo periksa ke dokter.

Dokter muda kepaniteraan stase kulit juga memberikan tips untuk penderita skabies untuk memeriksakan diri bila mengalami keluhan.

“Cuci semua baju dan alas tidur dengan air mendidih dan periksakan semua anggota keluarga untuk diobati secara serempak,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Tak Perlu Campur Urusan Paslon Lain, Relawan: Midji-Norsan Siap Tarung Gagasan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal calon Gubernur Kalbar petahana, Sutarmidji irit bicara saat dimintai tanggapan terkait…

9 hours ago

Apa Kabar Kapuas Raya? Midji-Norsan Anggap Janji yang Terucap, Wajib Diperjuangkan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2024, Sutarmidji dan Ria…

9 hours ago

Midji-Norsan Sepakat Maju Sepaket di Pilgub Kalbar 2024

KalbarOnline, Pontianak - Perdebatan elitis mengenai keretakan hubungan Sutarmidji dan Ria Norsan terjawab tuntas, pada…

9 hours ago

Komeng Tewas Tersengat Listrik di Ruang Gardu PLN Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pria bernama Hendrik alias Komeng (51 tahun) ditemukan tewas di dalam ruang…

11 hours ago

Disperpusip Pontianak Rayakan Hari Buku Nasional dengan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 40 peserta dari Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Pontianak meramaikan lomba bercerita…

15 hours ago

Viral! Video Perempuan Dipukuli Bertubi-tubi oleh Rekan Kerja, Kejadian Diduga di Sentap Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Sebuah video viral di media sosial Instagram,  yang menunjukkan seorang perempuan muda…

15 hours ago