Jelang Kongres HMI dan Munas Kohati, Polda Kalbar Gelar Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023

KalbarOnline, Pontianak – Polda Kalbar melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan persiapan Kongres HMI ke-32 dan Munas Kohati ke-25 di Lapangan Januraga, Polda Kalbar, Selasa (21/11/2023). Kongres dan munas tersebut akan berlangsung mulai dari 24 hingga 29 November 2023.

Kapolda Kalbar yang bertindak sebagai pembina apel, Irjen Pol Pipit Rismanto menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan acara tersebut.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Operasi dengan sandi Aman Cendikia Kapuas 2023 itu juga dilaksanakan dengan memperhatikan kompleksitas situasi, mengingat pelaksanaannya bersamaan dengan masa kampanye pemilu 2024 dan adanya event lainnya di Kalbar.

Kapolda memperkirakan, dua kegiatan tersebut akan dihadiri oleh sekitar 4.000 peserta dari seluruh nusantara. Adapun rangkaian acara tersebut mencakup kongres, forum, seminar, dialog, orasi besar, pidato ilmiah dan kunjungan wisata di berbagai lokasi di Pontianak dan sekitarnya.

Baca Juga :  Polda Kalbar Musnahkan 7,6 kilogram Sabu dan Tangkap Dua Tersangka

“Berdasarkan perkiraan intelijen, peserta yang hadir dalam event tersebut kurang lebih 4000 orang berasal dari seluruh Nusantara”, ungkapnya.

Selanjutnya, Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023 tersebut akan berlangsung selama 10 hari ini, dimulai tanggal 22 November hingga 1 Desember 2023. Operasi itu melibatkan 2.368 personel di empat wilayah operasional, yaitu Polresta Pontianak, wilayah Polres Kubu Raya, wilayah Polres Sanggau dan Polres Ketapang

Kapolda Pipit juga menekankan pentingnya melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, menjaga tanggung jawab dan profesionalisme, serta menjalin kemitraan, sinergi dan solidaritas dengan semua pihak terkait. 

“Para pimpinan satgas dan sub harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada personel,” katanya.

Baca Juga :  Sidak Gudang Beras Swasta, Harisson Pastikan Ketersediaan Stok Beras di Kalbar Aman Hingga Desember

Tak lupa, dirinya menyampaikan terima kasih dan harapan keselamatan kepada seluruh personel yang terlibat.

“Jalin partnership sinergitas kolaborasi dan soliditas dengan seluruh pihak, karena itulah kunci utama keberhasilan dalam operasi,” ujarnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023 itu dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kalbar, Mohammad Bari, Asisten Operasi Kodam 12 Tanjungpura, Wakil Jaksa Agung Kalbar, dan perwakilan dari Lantamal 12 Pontianak serta Lanud Supadio. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment