Categories: Pontianak

Wagub Norsan Ungkap Tiga Amalan Sholeh yang Tidak Akan Terputus Walaupun Sudah Meninggal Dunia

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan berkesempatan mengisi tausiyah singkat kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kalbar seusai sholat Dzuhur di Masjid An-Naim Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada Senin (03/04/2023) siang.

Dalam kesempatan itu, Wagub Ria Norsan mengajak kepada para jamaah untuk bersyukur atas rahmat Allah SWT karena telah diperkenankan untuk kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan yang selalu dinanti.

“Kita patut bersyukur, karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) mengabulkan doa kita, hingga kita bisa sampai di bulan Ramadhan kali ini,” katanya.

“Mari perbanyak amal sholeh, laksanakan puasa dengan baik, qiyamul lail (ibadah malam), membaca Al-Qur’an, dan amalan lainnya sehingga kita mendapatkan predikat taqwa sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183,” sambungnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa ada 3 amalan yang akan terus mengalir walaupun seseorang tersebut sudah wafat (meninggal), yaitu ilmu yang bermanfaat, kemudian shodaqoh jariyah dan ketiga adalah doa anak yang sholeh.

“Untuk ilmu yang bermanfaat, saya mengajak setiap orang yang memiliki ilmu hendaknya mengajarkan ilmu tersebut kepada yang belum mengetahui. Jangan kita menjadi orang yang pelit,” katanya.

“Saya ambil contoh misalnya seorang pemimpin memberikan ilmu atau berupa arahan kepada bawahannya sehingga ilmu tersebut akan menjadi amal kebaikan yang terus mengalir baginya,” terangnya lagi.

Kemudian yang kedua, hendaklah setiap diri mengeluarkan sedekah jariyah dalam hidupnya sebelum datang hari kiamat, dimana tertuang dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah Ayat 254.

“Sebagaimana dicontohkan, setiap penghasilan kita, ada infaq, sadaqah dan zakatnya (yang harus dikeluarkan)”, ujarnya.

Kemudian terkait amalan ketiga, tidaklah mudah. Ia mengingatkan, bahwasanya mengurus atau mendidik anak menjadi sholeh adalah tanggungjawab kedua orangtuanya.

“Sebagai orang tua kita harus mampu mendidik anak-anak kita agar menjadi orang yang sholeh. Dan ingat, jangan hanya amal dunia saja. Dekatkan anak kita dengan agama,” kata dia.

“Didik anak kita untuk bisa baca Al-Qur’an, didik anak kita untuk dapat beribadah dengan baik, didik akhlak yang baik tata krama yang baik. Kemudian berikan doa yang terbaik untuk anak kita,” pesan Wagub Norsan. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Polres Kubu Raya Gelar Reka Adegan Detik-detik Pembunuhan Fitri Amalia di Gang Limbung

KalbarOnline, Kubu Raya - Satuan Reserse Polres Kubu Raya menggelar rekonstruksi (reka ulang adegan) kasus…

11 mins ago

Pekan Imunisasi Dunia 2024, Dinkes Kayong Utara Gelar Vaksinasi Imunisasi di Desa Batu Barat

KalbarOnline, Kayong Utara - Dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia tahun 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kayong…

2 hours ago

Pj Bupati Romi Wijaya Resmikan Gedung Unit Transfusi Darah RSUD Sukadana

KalbarOnline, Kayong Utara - Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya meresmikan Gedung Unit Transfusi Darah…

5 hours ago

Nih Calon Pj Bupati Landak yang Baru, Gantikan Samuel

KalbarOnline, Pontianak - Dengan berbagai pertimbangan, Kementerian Dalam Negeri tak lagi memperpanjang jabatan Samuel sebagai…

9 hours ago

Liga Mini Soccer Series I Jadi Wadah Kumpul Para ASN Pemkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Mengusung jargon “Bola Adalah Teman”, Liga Mini Soccer Series I 2024 Pemkot…

10 hours ago

Harisson Minta OPD Perbaiki SOP dan Temuan BPK: Jangan Sampai Berulang

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri exit meeting pemeriksaan terinci atas…

20 hours ago