Categories: KetapangPolhumSosBud

Staf Ahli Bupati Ketapang Buka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Tingkat Kabupaten

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang melalui Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM, Maryadi Asmuie membuka pelatihan penyelenggaraan jenazah oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang, pada Kamis (02/03/2023), di Aula Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang.

Penyelenggaraan jenazah merupakan salah satu urusan umat Islam yang hukumnya fardhu kifayah, yaitu keharusan bagi adanya seorang muslim yang memiliki kemampuan mengurusi jenazah dalam satu wilayah.

“Saya berpesan kepada para peserta yang mengikuti pelatihan ini untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang akan disampaikan nanti oleh para narasumber,” pinta Maryadi Asmuie saat menyampaikan sambutan Wakil Bupati Ketapang.

Lebih lanjut ia berharap, kepada para peserta agar dapat mengaktualisasikan ilmu yang didapat selama pelatihan ini.

“Peserta juga harus mampu memberikan kontribusi positif dalam menjalankan nilai-nilai agama, sehingga pengetahuan ini semakin banyak orang mengetahuinya dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksanaan, Munizar yang juga Kabag Kesra Setda Ketapang mengatakan, bahwa di kalangan umat Islam masih ada yang belum memahami pelaksanaan fardhu kifayah, sehingga perlu dilakukan pembinaan melalui pelatihan khusus bagi umat Islam.

“Pemkab Ketapang juga sesuai dengan misinya yang ketiga yaitu pembangunan SDM yang memiliki daya saing, terus melakukan berbagai terobosan utamanya dalam memberikan pelatihan keagamaan yang ter-update untuk menciptakan kerukunan dan peningkatan SDM yang berdaya saing serta menguasai ilmu agama salah satunya ilmu pelaksanaan fardhu kifayah,” paparnya.

Munizar juga menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan jenazah ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan para petugas penyelenggaraan jenazah sesuai syariat Islam.

“Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dari 1 sampai 2 Maret 2023. Peserta kegiatan pelatihan ini sebanyak 100 orang berasal dari Kecamatan Simpang Dua, Kendawangan, MHU, MHS, Delta Pawan, Muara Pawan, Benua Kayong, Sungai Melayu dan Tumbang Titi,” pungkasnya. (Adi LC)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Air Terjun Riam Macan: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat yang Sarat Makna Religi

KalbarOnline, Bengkayang - Kalimantan Barat tidak hanya kaya akan keanekaragaman budaya dan suku, tetapi juga…

3 hours ago

Kilas Balik Sejarah Putussibau Tahun 1895, Pernah Dipimpin Controleur LC Westenenk

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT…

14 hours ago

Staf Ahli Bupati Ketapang Bacakan Pembukaan UUD 45 pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

KalbarOnline, Ketapang - Menggunakan pakaian adat nusantara, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik…

14 hours ago

Wakili Bupati Ketapang, Dharma Buka Penilaian dan Lomba Kelurahan se-Kalbar di Desa Istana

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Dharma…

14 hours ago

Atlet PPLP Kalbar Katyea E Safitri Jadi Pembawa Bendera Merah Putih di Opening Ceremony ASG 2024

KalbarOnline, Vietnam - Berkekuatan 50 personel, kontingen Indonesia beratribut kemeja batik biru yang dikombinasikan dengan…

14 hours ago

Menelusuri Keindahan Air Terjun Saka Dua di Sanggau Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sanggau - Kalimantan Barat terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu destinasi yang…

18 hours ago