Berbincang dengan Tiyan, Punggawa PLN Penjaga Terang Selama Natal dan Tahun Baru 2023

KalbarOnline, Nasional – Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menjadi momen yang menggembirakan dengan gemerlap terang di seluruh penjuru negeri. Gemerlap terang tersebut tidak lepas dari hasil kerja keras PT PLN (Persero) yang menempatkan punggawa-punggawa di setiap posko siaga kelistrikan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ahmad Septiyan Pratama, technician Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Kalimantan Selatan dan Tengah, merupakan salah satu punggawa andalan PLN yang turut serta dalam posko siaga kelistrikan pada tanggal 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

Pria kelahiran Banjarmasin yang akrab disapa Tiyan ini mengutarakan kisahnya yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya di momen akhir tahun ini. Di kala masyarakat bersukacita menikmati masa liburan akhir tahunnya bersama keluarga dan orang-orang tercinta, Tiyan dan Tim PDKB UPT Kalselteng harus berjibaku dengan pekerjaan perbaikan di dua titik lokasi yang berbeda di Kasongan Kalimantan Tengah dan Paringin Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Meski Ada Vaksin Covid-19, Protokol Kesehatan Tetap yang Utama

“Terkadang ada rasa sedih karena di momen liburan akhir tahun seperti ini tidak bisa menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga,” ungkap Tiyan.

Hal ini telah menjadi rutinitas yang Tiyan jalani selama sepuluh tahun sejak bertugas sebagai pegawai PLN pada tahun 2012. Menjaga kelistrikan di hari raya dan hari besar masyarakat menjadi hal yang biasa baginya dan teman-teman PDKB.

“Awal-awal terasa berat ketika anak dan istri libur tapi saya harus tetap bekerja. Tapi melihat bagaimana pelanggan dapat merayakan malam natal dan pergantian tahun dengan suka cita saya ada rasa bangga dan turut berbahagia dengan hasil pekerjaan saya,” ungkap Tiyan

Baca Juga :  Kritik Soal Karhutla, DPR Sebut Menteri LHK Gagal dan Tak Kompeten

General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan Abdul Salam Nganro menanggapi pengalaman Tiyan merupakan potret yang mewakili perasaan 922 personil yang siaga di 42 posko selama natal dan tahun baru lalu.

“Sudah menjadi komitmen kami bersama seluruh jajaran untuk tetap menjaga keandalan listrik kepada pelanggan terutama di moment hari raya dan hari besar,” ungkap Salam.

Salam sangat mengapresasi perjuangan teman-teman personil siaga yang berkomitmen menjaga keandalan kelistrikan Kalimantan dalam momen Siaga Natal 2022 dan

“Semoga ini dapat menjadi ladang amal bagi kami semua yang senantiasa bekerja dengan ikhlas menjaga listrik tetap andal demi masyarakat dapat berbahagia menikmati moment yang istimewa,” pungkas Salam.

Comment