ROG Flow X13, Laptop Gaming ASUS Pertama yang Bisa Dilipat

ASUS ROG resmi merilis seri terbaru laptop gaming terbaik convertible paling ringkas, fleksibel, serta powerful, yaitu ROG Flow X13 (GV301). ROG Flow X13 terbaru kini telah diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series serta hadir dengan opsi chip grafis hingga NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050Ti.

“ROG Flow X13 merupakan laptop inovatif yang berhasil memecahkan paradigma bahwa laptop gaming tidak bisa menggunakan desain convertible serta tidak bisa tampil sangat portabel seperti halnya ultra thin laptop,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

“Kali ini ROG Flow X13 tampil lebih powerful berkat dukungan hardware generasi baru serta fitur seperti MUX Switch yang dapat meningkatkan pengalaman gaming dan penggunaan secara keseluruhan.”

Lebih Powerful

Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series kini hadir di ROG Flow X13 terbaru. Prosesor generasi terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+ tersebut tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya yang lebih baik.

Peningkatan tersebut membuat laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series memiliki performance-per-watt yang lebih baik yang berpengaruh langsung pada daya tahan baterai.

Keunggulan lain dari prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series juga terdapat pada chip grafis terintegrasinya. Kali ini AMD menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang menggunakan arsitektur RDNA2 yang lebih powerful dan efisien.

Chip grafis terbaru tersebut memungkinkan pengguna laptop gaming ASUS terbaru untuk tetap dapat mengakses performa grafis yang mumpuni tanpa harus menguras daya baterai berlebih.

Sebagai prosesor modern, AMD Ryzen™ 6000 Series juga telah dilengkapi fitur serta teknologi modern. Fitur seperti dukungan PCIe 4.0 telah tersedia di prosesor ini dan telah hadir di ROG Flow X13 terbaru.

Dukungan tersebut digunakan langsung pada sistem penyimpanan, yaitu ROG Flow X13 terbaru kini dibekali dengan PCIe 4.0 SSD. Selain itu, ROG Flow X13 terbaru juga telah menggunakan memori LPDDR5 6400Mhz untuk performa yang lebih powerful.

ROG Flow X13 terbaru juga memiliki varian yang dibekali dengan chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050Ti. Berkat chip grafis tersebut, ROG Flow X13 terbaru dapat menghadirkan pengalaman gaming sekelas konsol dengan dukungan teknologi grafis terkini seperti NVIDIA® DLSS 2.0 serta RTX™ Real-Time Ray-Tracing.

Konektivitas Terbaik, Kompatibel dengan ROG XG Mobile

ROG Flow X13 telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang tergolong sangat lengkap untuk sebuah laptop convertible yang sangat ringkas. Port seperti USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.0b, hingga 3.5mm combo audio jack.

Port USB 3.2 Type-C yang ada di jajaran laptop gaming ASUS terbaru juga telah mendukung fitur DisplayPort 1.2 serta USB Power Delivery. Keduanya memungkinkan port USB Type-C tersebut dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui adapter USB Type-C atau bahkan power bank.

ROG Flow X13 juga masih dilengkapi dengan port khusus ROG XG Mobile Interface yang memungkinkan laptop gaming ini untuk dapat dihubungkan dengan GPU eksternal ROG XG Mobile. Berbeda dengan solusi GPU eksternal lainnya, ROG XG Mobile menggunakan koneksi langsung ke jalur PCIe sehingga tidak menyebabkan efek bottleneck pada performa grafis yang ditawarkan.

ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan berbagai port tambahan sekaligus dapat berfungsi sebagai power adapter yang dapat mengisi daya ROG Flow X13 saat dihubungkan. ROG XG Mobile tersedia dengan varian chip grafis NVIDIA® RTX™ 3070 dan RTX™ 3080. ASUS juga akan menghadirkan ROG XG Mobile dengan chip grafis AMD Radeon™ RX 6000 series dalam waktu dekat.

Tidak hanya dalam hal kelengkapan port, ROG Flow X13 terbaru juga telah dibekali dengan teknologi WiFi 6E terbaru. Berbeda dengan pendahulunya yaitu WiFi 6, teknologi WiFi 6E hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Melalui frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer.

Dilengkapi MUX Switch

ROG Flow X13 telah dibekali dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop gaming ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Ringkas, Ringan, dan Fleksibel untuk Berbagai Aktivitas

ROG Flow X13 terbaru merupakan laptop gaming dengan desain convertible yang sangat fleksibel. Desain tersebut membuat layar laptop gaming ini dapat diputar hingga 360⁰ dan memiliki empat mode penggunaan mulai dari mode laptop, mode tent, mode stand, hingga mode tablet.

Selain sangat fleksibel, ROG Flow X13 terbaru juga sangat ringkas dan ringan dengan bobot hanya 1,3 Kg dan ketebalan hanya 15,8 mm atau setara dengan laptop ultra thin pada umumnya.

Tidak hanya untuk bermain game, ROG Flow X13 terbaru juga sangat ideal untuk berbagai aktivitas seperti kreasi konten hingga aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan ROG Flow X13 terbaru telah menggunakan layar dengan rasio 16:10 yang ideal sebagai penunjang produktivitas.

Sementara bagi para content creator, ROG Flow X13 terbaru yang dilengkapi dengan layar yang memiliki color gamut 100% sRGB serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat. Tidak hanya itu, layar ROG Flow X13 terbaru juga mendukung penggunaan stylus dan telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass.

Untuk mendukung aktivitas komunikasi, khususnya saat bermain game, ROG Flow X13 telah dibekali dengan 3D Mic Array yang didukung oleh teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling. Kombinasi keduanya memungkinkan pengguna ROG Flow X13 terbaru dapat melakukan komunikasi dua arah tanpa gangguan suara bising di sekitarnya. (DW)

Comment