Ini Daftar 14 Negara yang Lolos 16 Besar di Piala Dunia 2022 Qatar

KalbarOnline, Qatar – Setelah menjalani laga yang cukup alot dan dramatis, akhirnya 14 tim negara berhasil lolos seleksi menuju 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (02/12/2022), ke-14 negara tersebut diantaranya Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Argentina, Polandia, Maroko, Kroasia, Jepang dan Spanyol.

Sebelumnya, Jepang dan Spanyol menjadi dua tim terbaru yang memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Jepang memastikan satu tempat ke 16 besar setelah sukses mengalahkan Spanyol 2-1 di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat (02/12/2022) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Tim Samurai Biru lolos sebagai juara Grup E dengan koleksi enam poin. Spanyol juga berhak lolos berkat keunggulan selisih gol dari Jerman yang sama-sama mengemas empat poin.

Sebelumnya, Maroko lebih dulu mengunci tiket lolos ke fase gugur usai mengalahkan Kanada 2-1 pada laga terakhir Grup F di Stadion Al Thumama, Kamis (01/12/2022).

Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri menjadi momok bagi Kanada berkat gol yang tercipta pada menit keempat dan ke-23. Gol itu tercipta lewat skema yang apik.

Hasil ini membuat Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup D. Maroko akan didampingi oleh Kroasia.

Sebelumnya ada Argentina dan Polandia yang sudah lebih dulu lolos ke fase gugur dari Grup C. Kemudian ada Australia dan Prancis yang sudah lebih dulu lolos.

Prancis jadi tim pertama yang memastikan lolos ke fase knock out usai meraih kemenangan kedua di fase grup. Les Bleus menang 4-1 atas Australia pada matchday pertama dan menundukkan Denmark 2-1 pada matchday kedua.

BACA JUGA:  Portugal dan Italia Adu Kuat Menuju Piala Dunia 2022

Langkah Prancis kemudian diikuti Brasil dari Grup G dan Portugal dari Grup H. Brazil melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Swiss 1-0 berkat gol Casemiro. Brasil kini memimpin Grup G.

Sedangkan Portugal mengamankan tempat di babak 16 besar usai membungkam Uruguay 2-0. Dua gol Seleção das Quinas diborong Bruno Fernandes. Sama seperti Prancis dan Brasil, Portugal pun saat ini menjadi pemimpin klasemen Grup H.

Pada laga terakhir grup A, Selasa (29/11), Belanda dan Senegal menyusul lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Belanda lolos usai menang atas Qatar dengan skor 2-0 sedangkan Senegal berhak atas posisi runner up usai menang 2-1 lawan Ekuador.

Dari grup B, Inggris dan Amerika Serikat berhasil melaju ke fase knock out. Inggris jadi juara grup usai menang telak atas Wales 3-0 sedangkan Amerika Serikat merebut posisi runner up berbekal kemenangan tipis 1-0 atas Iran. (**)

Sumber: CNN Indonesia.

Comment