Jaga Listrik Kayong Utara Tetap Andal, PLN Jalin Kerja Sama Strategis dengan Taman Nasional Gunung Palung

KalbarOnline, Bogor – Sebagai wujud komitmen PLN dalam usaha penyediaan tenaga listrik yang andal, PLN Unit Induk pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Kalimantan bersama Balai Taman Nasional (TN) Gunung Palung melakukan kerjasama strategis, pada Jumat (25/11/2022).

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara General Manager PLN UIKL Kalimantan bersama Kepala Balai TN Gunung Palung, yang turut disaksikan oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK), di Kantor Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi, Bogor, Jawa Barat.

Kerja sama ini meliputi pengelolaan jaringan listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo-volt (kV) jalur Ketapang – Sukadana yang melewati kawasan TN Gunung Palung, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Direktur RKK Ahmad Munawir mengungkapkan, kerjasama strategis yang terjalin ini menekankan pentingnya Konservasi dan pemulihan ekosistem di kawasan taman nasional bersama masyarakat setempat.

“Dalam satu bulan sejak penandatanganan PKS ini agar segera menyusun Rencana Pelaksanaan Program (RPP), Rencana Kerja Lima Tahun (RKL) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT),” terangnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara General Manager PLN UIKL Kalimantan bersama Kepala Balai TN Gunung Palung ini turut disaksikan oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK), Ahmad Munawir. (Foto: PLN For KalbarOnline.com)
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara General Manager PLN UIKL Kalimantan bersama Kepala Balai TN Gunung Palung ini turut disaksikan oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK), Ahmad Munawir. (Foto: PLN For KalbarOnline.com)

Sementara, pada kesempatan yang sama General Manager PLN UIKL Kalimantan, Abdul Salam Nganro mengatakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan dalam rangka pemeliharaan tower dan jaringan SUTT 150 kV di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

“Sebagai bagian dari transformasi PLN, kami terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Semangat transformasi PLN selalu menjadi pondasi kami untuk memberikan pelayanan terbaik” paparnya.

Kerja sama ini juga turut mendukung program pemerintah di dalam kawasan konservasi yaitu memelihara kelestarian alam, keanekaragaman hayati dan ekosistem kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

Pernyataan Salam juga diamini oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung, Himawan Sasongko, yang menjelaskan bahwa PKS yang ditandatangani hari ini termasuk dalam kategori kerja sama terkait kepentingan strategis nasional.

BACA JUGA:  Merdeka dari Gelap, Dua Desa di Singkup Ketapang Kini Nikmati Listrik PLN

“Kami berterima kasih kepada PT PLN (Persero) atas kerjasamanya yang baik, sehingga kita bisa sampai di tahap ini, dimana infrastruktur kelistrikan di dalam Kawasan konservasi ini sudah terwadahi legalisasinya,” ungkap Himawan.

Jaringan transmisi yang terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung memiliki peran strategis dalam penyaluran tenaga listrik di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. SUTT 150 kV Ketapang – Sukadana membentang seluas 5,88 ha yang terdiri dari 7 (tujuh) tapak tower dan ruang bebas (RoW) 10 (sepuluh) span SUTT 150 kV dengan panjang transmisi 2,6 km dan lebar 20 m. (Jau)

Comment