Categories: MelawiPolitik

Pemkab bersama Polres Melawi Gelar Deklarasi Damai Jelang Pilkades Serentak

KalbarOnline, Melawi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi bekerjasama dengan Polres Melawi menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022. Acara berlangsung di Pendopo Bupati Melawi, Senin (10/10/2022).

Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2022 nanti, diselenggarakan di 49 desa, 10 kecamatan, 157 TPS, diikuti 169 calon kepala desa, dengan jumlah pemilih sesuai dengan DPT sebanyak 45.133 orang. 

Melalui deklarasi pilkades damai ini, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto mengimbau kepada para calon kepala desa, panitia dan masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pilkades serentak tahun 2022 ini dengan sejuk, aman dan damai.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata Kapolres, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap wilayah atau desa sesuai dengan tingkat kerawanan yang ada. 

“Dari hasil mapping yang dilakukan pada 157 TPS terdapat 3 TPS dengan kategori rawan 1, 66 TPS kategori rawan 2 dan 88 TPS kategori rawan 3 serta kerawanan lainnya pada setiap tahapan pilkades antara lain black campaign, money politik, intimidasi, politik identitas yang rawan terhadap perpecahan serta ketidaknetralan penyelenggara pilkades, panitia dan pelanggaran-pelanggaran lainnya,” ujar kapolres.

Lebih lanjut dikatakan, guna mengantisipasi hal tersebut Polres Melawi melibatkan 277 personel yang terdiri dari 217 personel Polres Melawi, 30 personel BKO Dit Sabhara Polda Kalbar dan 30 personel BKO Sat Brimob Polda Kalbar serta dibantu oleh 49 personel TNI dan 49 personil Satpol PP Melawi, dimana personil tersebut akan ditempatkan di lokasi TPS, desa dan polsek jajaran serta Polres Melawi.

Di kesempatan yang sama, Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa juga mengimbau agar selama tahapan pilkades serentak berlangsung, menjunjung tinggi sportivitas berdemokrasi, serta hindari tindakan-tindakan yang tidak baik selama pemilihan.

“Melalui kegiatan deklarasi damai ini, saya berpesan apabila ingin membangun desa, para calon kepala desa harus mengenali terlebih dahulu desanya masing-masing, kalau sudah kenal sangat mendalam pasti hati dan pikirannya hanya untuk membangun desanya,” kata Dadi.

Dadi juga mengiimbau kepada para calon kepala desa yang berkompetisi untuk dapat menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas, baik itu antar calon, maupun sesama pendukungnya masing-masing. 

“Jadikanlah pilkades tahun 2022 ini sebagai sebuah perekat diantara sesama calon dan para pendukungnya sehingga tercipta suasana yang harmonis dalam keberagaman,” pungkasnya. 

Sebelumnya, kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Melawi, Kluisen, Kepala DPMD Melawi, Hasanuddin, unsur pimpinan DPRD Melawi, perwakilan TNI, seluruh cakades yang akan berkompetisi serta undangan lainnya di lingkungan Pemkab Melawi. (BS)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Windy Prihastari Ikuti Makan Malam Bersama Ibu Negara di Puncak Peringatan HUT Dekranas 2024

KalbarOnline, Solo - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat (Kalbar), Windy…

4 mins ago

Anggun, Windy Kenalkan Wastra Berbahan Tenun Ikat Sintang di Syukuran HUT ke-44 Dekranas

KalbarOnline.com - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat (Kalbar) Windy Prihastari…

25 mins ago

Sudah Melamar ke Tiga Parpol, Budi Perasetiyono Siap Dipinang Sebagai Cawagub di Pilgub Kalbar 2024

KalbarOnline.com - Kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2024 semakin diramaikan para bakal…

2 hours ago

Data Januari – Mei 2024, 15 Tersangka Narkoba di Kapuas Hulu Didominasi Anak Muda

KalbarOnline, Putussibau - Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor Kapuas Hulu, IPTU Jamali mengungkapkan, bahwa pihaknya…

10 hours ago

Wakili Bupati, Absalon Buka Sosialisasi dan Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024 Kabupaten Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Staf Ahli Bupati Ketapang bidang Kemasyarakatan dan SDM, Absalon membuka…

10 hours ago

Terbang ke Jakarta, Sekda Kapuas Hulu Rapat Bersama Dirjen Kemendagri, Bahas Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

KalbarOnline, Jakarta - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menghadiri rapat koordinasi dan konsultasi…

10 hours ago