Categories: HeadlinesPontianak

Edi Kamtono Sebut FLS2N Upaya Pembentukan Karakter dan Bakat Siswa Sejak Dini

KalbarOnline, Pontianak – Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD se-Kota Pontianak Tahun 2022 mulai digelar. Bertemakan ‘Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia’, 144 peserta FLS2N siap unjuk kemampuan pada berbagai cabang seni yang diperlombakan.

Ada lima cabang yang diperlombakan, yakni gambar bercerita, menyanyi solo, pantomim, kriya anyam dan tari tradisional. Peserta yang berhasil menjuarai FLS2N ini nantinya akan mewakili Kota Pontianak untuk tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) hingga nasional.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, FLS2N yang mencakup seni dan olahraga, merupakan bagian dari pembentukan karakter dan bakat siswa yang dimulai sejak dini. Bakat dan talenta dari siswa ini perlu diasah terus agar potensi yang dimilikinya berkembang.

“Sehingga diharapkan melalui FLS2N ini, muncul talenta-talenta berbakat anak-anak Kota Pontianak yang mampu tampil, tidak hanya di Kota Pontianak atau Provinsi Kalbar, tetapi juga tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Edi Kamtono saat membuka FLS2N Tingkat SD se-Kota Pontianak di Taman Budaya, Senin (18/7/2022).

Menurut Edi Kamtono, era digitalisasi sekarang ini, kegiatan seperti ini bisa mendunia karena bisa diakses melalui fasilitas internet. Penampilan bakat dan talenta peserta FLS2N ini tidak menutup kemungkinan juga dilirik oleh masyarakat internasional.

Oleh sebab itu, Edi Kamtono mengajak kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak terus mengembangkan kreativitas dan inovasi-inovasi untuk menggali potensi bakat dan talenta yang dimiliki siswa.

“Misalnya lewat kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seni dan olahraga di kalangan siswa dengan mengembangkan kemampuan dan potensi mereka,” imbuhnya.

Edi Kamtono berpesan kepada dewan juri yang bertugas pada FLS2N, agar bekerja secara profesional dalam menilai talenta-talenta siswa yang berbakat, berkemampuan dan tentunya diharapkan bisa tampil mengharumkan nama Kota Pontianak khususnya dan Provinsi Kalbar umumnya.

“Dengan begitu, maka tentunya akan menjadi kebanggaan orang tuanya hingga masyarakat Kota Pontianak,” ucap Edi Kamtono.

Orang nomor satu di Pontianak ini turut mengapresiasi para peserta FLS2N yang berani tampil ke panggung ketika dirinya meminta dua orang peserta penyanyi solo putra dan putri. Mereka dinilai mempunyai kepercayaan diri yang tinggi.

“Saat saya meminta seorang perwakilan penyanyi putra dan putri, yang maju semua peserta penyanyi. Ini menandakan kepercayaan diri mereka tinggi,” pungkasnya. (J)

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KalbarOnline.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

21 mins ago

Dekranasda Kalbar Dukung Gallery Rika Ayub Design Turut Majukan Fashion Wastra Khas Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

3 hours ago

Pentingnya Imunisasi Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

KalbarOnline, Pontianak - Setiap orang memiliki imunitas yang berbeda, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit…

3 hours ago

Pemkab Kayong Utara Matangkan Persiapan Rakor Pengendalian Inflasi Berikutnya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Minggu…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Dorong Posyandu Naik Kelas

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah berencana untuk mendorong posyandu agar dapat naik…

4 hours ago

Memahami KBGO yang Rentan Menyasar Jurnalis Perempuan

KalbarOnline, Pontianak - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Barat menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gender…

4 hours ago