Polda Kalbar Sebut Angka Kasus Kejahatan Cenderung Menurun di 2022

KalbarOnline, Pontianak – Polda Kalbar mengungkapkan adanya tren penurunan terhadap sejumlah kasus kejahatan yang terjadi di tahun 2022, bila di banding dari tahun sebelumnya.

Hal itu sebagaimana yang disebutkan Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Raden Petit Wijaya dalam kegiatan press conference di ruang Graha Khatulistiwa, Lantai 3, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kamis (29/12/2022) pagi.

“Untuk kasus kejahatan jalanan mengalami penurunan. Dari 1.450 kasus menjadi 1.382 kasus kejahatan jalanan,” sampainya.

Begitupun dengan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2022 yang cenderung menurun. Petit mengatan, bahwa jika pada tahun 2021, Polda Kalbar berhasil menangani kasus karhutla sebanyak 92 kasus, sementara di tahun 2022 ini mengalami penurunan hingga 49 kasus.

Sementara untuk kasus narkoba–bila sepanjang tahun 2021 lalu Polda Kalbar dan jajaran berhasil mengungkap 892 kasus narkotika. Maka di tahun ini, hanya sebanyak 694 kasus yang berhasil diungkap.

“Ini mengalami penurunan karena di tahun 2022 hanya fokus ke wilayah perbatasan,” ucapnya.

Selanjutnya untuk kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas), lanjut Petit, mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Jika di tahun 2021 sebanyak 945 kasus, maka di tahun 2022 naik menjadi 1,111 kasus.

“Diimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam berkendara,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Petit juga mengungkapkan terkait kejahatan perairan yang juga mengalami kenaikan, di mana pada tahun 2021 Polda Kalbar berhasil menangani sebanyak 46 kasus dan untuk tahun 2022 sebanyak 68 kasus kejahatan perairan.

Kemudian mengenai capaian Polda Kalbar di bidang pembinaan selama tahun 2022, yaitu animo untuk menjadi Polisi masih cukup tinggi dengan jumlah 4.628 orang yang mengikuti seleksi.

BACA JUGA:  Pasukan Asmaul Husna Lantunkan 99 Asmaul Husna Gagah nan Merdu

“Sebanyak 596 orang dinyatakan lulus dengan rincian 6 orang lulus Akpol, 488 Bintara Polri, 12 Bintara Kompetensi Khusus, 35 Bintara Rekpro dan 54 Tamtama Polri,” ujarnya.

Sebelumnya, press conference sendiri dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar, Irjen Suryanbodo Asmoro dengan didampingi Wakapolda Kalbar, Brigjen Asep Safrudin dan Irwasda Kalbar, Kombes Reguel Siagian beserta PJU Polda Kalbar.

Kapolda dalam kesempatannya mengatakan, konferensi pers ini merupakan kegiatan rutin akhir tahun Polda Kalbar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kinerja Polda Kalbar bersama jajaran selama tahun 2022.

“Seluruh media massa dan publik dapat mengetahui kinerja Polda Kalbar selama Januari 2022 sampai dengan Desember 2022 dan kinerja kedepannya seperti apa,” ujarnya.

Ia pun berharap kepada awak media dapat mem-framing dan menyampaikan yang lebih banyak baiknya daripada buruknya. Secara internal, Polda Kalbar juga akan terus melakukan evaluasi dan berupaya semaksimal mungkin, termasuk bekerja sama dengan berbagai stakeholder, untuk menciptakan situasi kamtibmas di wilayah Kalbar. (Jau)

Comment