Pemkab Kayong Utara Matangkan Persiapan Rakor Pengendalian Inflasi Berikutnya

KalbarOnline, Kayong Utara – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Minggu ke-4 Bulan April Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, melalui zoom meeting, Senin (29/04/2024).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dan diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Penjabat Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya dalam rakor tersebut menyampaikan kepada peserta rapat mengenai beberapa poin penting yang menjadi hasil pembahasan, diantaranya, pertama, Tim Penyusun Laporan Inflasi Kabupaten Kayong Utara diminta untuk memastikan kesesuaian laporan dengan ketentuan yang berlaku, khususnya dalam hal tingkat kesesuaian roadmap pelaporan pada Inspektorat.

Romi Wijaya menekankan akan perlunya penyamaan data dan informasi agar tidak terjadi perbedaan yang signifikan dengan laporan Pj Bupati.

Kedua, tim terkait di Kabupaten Kayong Utara diinstruksikan untuk menyiapkan bahan materi rapat inflasi bagi Pj Bupati untuk rakor pengendalian inflasi selanjutnya. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika Kemendagri meminta penyampaian materi dari daerah.

Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi, Senin (29/04/2024). (Foto: Prokopim KKU)

Ketiga, pada evaluasi Pj Bupati pada triwulan III akan mencakup tiga aspek utama, yaitu perkembangan angka inflasi pada bulan Juni 2024, upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian inflasi, dan upaya yang akan dilakukan dalam pengendalian inflasi.

Dan yang keempat, Inspektorat akan dilibatkan dalam finalisasi evaluasi pelaporan Pj Bupati Kayong Utara. Hal ini bertujuan untuk memastikan validitas dan akuntabilitas data yang dilaporkan.

Pemkab Kayong Utara kata dia, akan terus melaksanakan kebijakan Gelar Pangan Murah, Operasi Pasar Murah, dan kegiatan serupa lainnya untuk mengendalikan inflasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta rapat dari Pemkab Kayong Utara kala itu antara lain Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Perhubungan, Bagian Eksternal Daerah, dan perwakilan dari Inspektorat.

Melalui rakor ini, Pemkab Kayong Utara berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan instansi terkait dalam upaya pengendalian inflasi di daerah. Diharapkan pula, dengan langkah-langkah yang terukur dan tepat sasaran, stabilitas harga dan daya beli masyarakat di Kabupaten Kayong Utara dapat terjaga. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Wujud Kepedulian KSAD, Kodim Putussibau Bagikan Ransum dan Imukal TNI Untuk Pemenuhan Gizi Prajurit

KalbarOnline, Putussibau - Staf Logistik Kodim 1206/Putussibau membagikan susu imukal dalam rangka pemenuhan gizi prajurit,…

11 mins ago

Propam Polda Kalbar Lakukan Pembinaan Etika Profesi Polri di Polres Kapuas Hulu

KalbarOnline, Putussibau - Bidang  Propam Polda Kalbar melakukan pembinaan kepada personel Polres Kapuas Hulu, terutama…

13 mins ago

Wastra Unggulan Kalbar Diborong Istri-istri Menteri pada Peringatan HUT Dekranas di Kota Solo

KalbarOnline, Pontianak - Wastra Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mampu menarik perhatian anggota Organisasi Aksi Solidaritas…

36 mins ago

Daftar Cawagub Kalbar di PPP, Budi Perasetiyono: Kembali ke Rumah

KalbarOnline.com - Budi Perasetiyono terus menunjukkan keseriusannya dalam kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar…

36 mins ago

Bejat! Delapan Pria di Suhaid Setubuhi Gadis 15 Tahun Secara Bergiliran

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Delapan pria di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melakukan…

2 hours ago

Dekranasda Kapuas Hulu Juara Harapan 2 Parade Mobil Hias Tingkat Nasional

KalbarOnline, Solo - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Ketua Dekranasda Kapuas Hulu, Angeline Fremalco…

3 hours ago