Categories: Nasional

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, Jokowi Tunjuk Risma dan Sandiaga Uno Jadi Menteri

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, Jokowi Tunjuk Risma dan Sandiaga Uno Jadi Menteri

KalbarOnline, Nasional – Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan pergantian susunan kabinetnya, Selasa (22/12/2020). Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno kini masuk dalam jajaran menteri. Melalui siaran langsung, Presiden Jokowi mengumumkan kocok ulang alias reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju jilid 2.

“Bapak, Ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi seperti disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Nama pertama yang dipanggil Jokowi ialah Tri Rismaharini atau yang dikenal dengan nama Risma. Dia adalah Wali Kota Surabaya, yang kini diberi tugas Jokowi sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi.

“Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ucap Jokowi.

Setelahnya Jokowi memanggil nama Sandiaga Uno. Mantan cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 ditugaskan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

“Saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno,” kata Jokowi.

Setelahnya, ada nama Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan juga dikenalkan satu per satu oleh Jokowi. Mereka akan resmi dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020.

“Pelantikan Insya Allah Rabu besok,” tutup Jokowi.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

49 mins ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

8 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

9 hours ago

PWI Jajaki Kerja Sama dengan Mendagri, Sosialisasikan Pilkada Damai

KalbarOnline, Jakarta - Pengurus PWI Pusat melakukan audiensi dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di…

9 hours ago

Pemkab Ketapang Selenggarakan Upacara Peringatan Hardiknas 2024

KalbarOnline, Ketapang - Bupati Ketapang yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heryandi memimpin…

10 hours ago

Dukung Perubahan Status Supadio, Harisson Ungkap Beberapa Alasan

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memastikan mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan…

19 hours ago