Catatan Kondisi Pasien Covid-19 di Wuhan, Bisa Memburuk Selama 27 Hari

KalbarOnline.com – Dalam pengamatan dokter terkait semakin banyak pasien Covid-19, diidentifikasi beberapa pola bagaimana gejalanya berkembang. Sebanyak 40 persen kasus virus Korona tidak menunjukkan gejala menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Dan 20 persen kasus gejala menjadi parah atau kritis.

Di antara pasien yang mengalami gejala, demam dan batuk biasanya yang pertama datang. Mereka seringkali diikuti dengan sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri dan nyeri otot, mual, atau diare (meskipun dalam kasus yang parah, masalah gastrointestinal dapat muncul lebih awal selama infeksi).

Pasien dengan infeksi parah cenderung mengalami kesulitan bernapas, sekitar lima hari setelah gejala mulai. Tetapi gejala umumnya tidak langsung muncul setelah seseorang terinfeksi. Masa inkubasi rata-rata seseorang terinfeksi adalah sekitar 4-5 hari menurut CDC.

“Selama waktu itu, orang yang terinfeksi kemungkinan belum tahu bahwa mereka sakit, tetapi bukti menunjukkan bahwa mereka dapat menularkan virus selama fase yang tidak menunjukkan gejala,” kata CDC.

Setelah mengamati ribuan pasien selama wabah di Wuhan, Tiongkok awal tahun ini, rumah sakit di sana mengidentifikasi pola gejala di antara pasien Covid-19 selama 27 hari seperti dilansir dari Science Alert, Selasa (1/12).

Hanya karena pasien meninggalkan rumah sakit, bukan berarti gejala mereka hilang sepenuhnya. Beberapa pasien Covid-19 melaporkan mengalami gejala selama berbulan-bulan, termasuk nyeri dada, sesak napas, mual, jantung berdebar-debar, dan hilangnya rasa dan penciuman.

Orang yang jatuh sakit dan tidak pernah dirawat di rumah sakit dapat mengalami gejala yang menetap. Sebuah laporan Juli dari para peneliti CDC menemukan bahwa di antara hampir 300 pasien yang bergejala, 35 persen belum pulih selama dua sampai tiga minggu setelah dites positif.

Baca Juga :  Singapura Wajibkan Warga Pakai Masker di Restoran, Melanggar Didenda

Pasien yang merasa lebih baik setelah beberapa minggu mengatakan gejala mereka biasanya hilang 4 hingga 8 hari setelah menjalani tes. Kehilangan rasa dan bau biasanya membutuhkan waktu paling lama untuk kembali normal selama 8 hari.

Meski virus Korona menyerang paru-paru lebih dulu, virus ini juga dapat menginfeksi jantung, ginjal, hati, otak, dan usus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 adalah penyakit vaskular, bukan penyakit pernapasan, yang berarti dapat menyebar melalui pembuluh darah. Inilah alasan komplikasi tambahan seperti kerusakan jantung atau stroke.

Seorang dokter paru di Johns Hopkins Bayview Medical Center, Panagis Galiatsatos, menggambarkan pasien dengan riwayat komorbid mengalami badai sitokin yang parah dalam tubuhnya. Infeksi mengguncang sistem kekebalan. “Jika sistem kekebalan Anda tidak baik, maka bisa ambruk,” tegasnya.

Hari ke-1
Gejala ringan. Penderita biasanya mengalami demam yang diikuti dengan batuk. Sebagian kecil mungkin mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya, yang bisa menjadi tanda infeksi yang lebih parah.

Hari ke-2 dan ke-3
Ini adalah berapa lama, rata-rata, sebelum pasien dirawat di rumah sakit setelah gejala mulai muncul. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 550 rumah sakit di seluruh Tiongkok juga menemukan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit mengalami pneumonia pada hari ketiga sakit mereka.

Hari ke-4 dan ke-5
Dalam kasus yang parah, gejala bisa mulai memburuk. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama jika mereka lebih tua atau memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Hari ke-6 dan ke-7
Ini adalah waktu yang dibutuhkan rata-rata bagi beberapa pasien di Wuhan untuk dirawat di rumah sakit setelah gejala mulai muncul. Pasien di Wuhan lainnya mengalami sesak napas pada periode ini.

Baca Juga :  Obat Radang Sendi untuk Kurangi Risiko Kematian Pasien Covid-19

Hari ke-8
Pada titik ini, pasien dengan kasus parah kemungkinan besar akan mengalami sesak napas, pneumonia, atau sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), penyakit yang mungkin memerlukan intubasi. ARDS seringkali berakibat fatal.

Hari ke-9
Beberapa pasien Wuhan mengalami sepsis, infeksi yang disebabkan oleh respons kekebalan agresif, pada periode ini.

Hari ke-10 dan ke-11
Jika pasien memiliki gejala yang memburuk, ini adalah waktu perkembangan penyakit ketika mereka kemungkinan besar akan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami lebih banyak sakit perut dan kehilangan nafsu makan dibandingkan pasien dengan kasus-kasus yang lebih ringan.

Hari ke-12 hingga ke-15
Dalam beberapa kasus, pasien tidak mengalami ARDS sampai hampir dua minggu setelah penyakit mereka dimulai. Satu studi di Wuhan menemukan bahwa rata-rata butuh 12 hari sebelum pasien dirawat di ICU. Pasien yang sembuh mungkin demamnya hilang setelah 12 hari.

Hari ke-16
Pasien mungkin merasakan batuk mereka sembuh menurut sebuah penelitian di Wuhan.

Hari ke-17 hingga ke-21
Rata-rata, orang di Wuhan sembuh dari virus dan dipulangkan dari rumah sakit. Atau bagi yang parah meninggal setelah 2 minggu lebih hingga 3 minggu dirawat. Pada hari ke-19, pasien mungkin merasa sesak napas mulai pulih berdasar sebuah penelitian di Wuhan.

Hari ke-22 hingga ke-27
Beberapa pasien tinggal di rumah sakit lebih lama. Rata-rata masa tinggal pasien Wenzhou adalah 27 hari.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment