Categories: Internasional

Pandemi jadi Prioritas, Joe Biden Segera Umumkan Satgas Covid-19

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 menjadi prioritas presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, untuk ditanggulangi. Berdasar itu, Biden segera mengumumkan Satgas Covid-19 pada Senin (9/11) waktu AS. Sebelumnya Satgas Covid-19 di era Donald Trump sudah dibubarkan.

Biden sendiri menghabiskan sebagian besar kampanyenya untuk mengkritik penanganan pandemi oleh Trump. AS juga melaporkan rekor infeksi baru harian pada pekan lalu dan jumlah total kasus Covid-19 sudah mencapai lebih dari 10 juta kasus.

  • Baca juga: Menangi Pilpres AS, Biden Siap Fokus Tangani Covid-19

Seperti diketahui, kemenangan Biden pada Sabtu (7/11) waktu AS di Pennsylvania menempatkannya di ambang batas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk merebut kursi kepresidenan. Trump sendiri belum menyerah dan bersumpah akan memperkarakan hasil pemilu di pengadilan.

Satgas Covid-19 akan bertugas mengembangkan cetak biru untuk menekan penularan wabah begitu Biden dilantik pada Januari 2021. Satgas Covid-19 nantinya akan dipimpin oleh tiga ketua yakni mantan ahli bedah umum Vivek Murthy, mantan komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) David Kessler, dan Dr. Marcella Nunez-Smith dari Universitas Yale.

“Saya tidak akan mengecualikan upaya, atau komitmen, untuk menyelesaikan pandemi ini,” ungkap Biden dalam pidato kemenangannya di Wilmington seperti dilansir Reuters.

Pengumuman Satgas Covid-19 akan memulai awal pekan yang sibuk bagi Biden dan wakilnya Kamala Haris, menuju transisi kepresidenan di sejumlah sektor. Biden bersungguh-sungguh menjalankan tugas membangun pemerintahannya menjelang pelantikan 20 Januari 2021 nanti.

Pada Minggu tim transisi baru akan meluncurkan situs terkini, BuildBackBetter.com, dan akun media sosial baru, @transition46, guna memberikan informasi transisi kepada masyarakat AS.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

16 mins ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

14 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

15 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

23 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

23 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

23 hours ago