Pandemi jadi Prioritas, Joe Biden Segera Umumkan Satgas Covid-19

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 menjadi prioritas presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, untuk ditanggulangi. Berdasar itu, Biden segera mengumumkan Satgas Covid-19 pada Senin (9/11) waktu AS. Sebelumnya Satgas Covid-19 di era Donald Trump sudah dibubarkan.

Biden sendiri menghabiskan sebagian besar kampanyenya untuk mengkritik penanganan pandemi oleh Trump. AS juga melaporkan rekor infeksi baru harian pada pekan lalu dan jumlah total kasus Covid-19 sudah mencapai lebih dari 10 juta kasus.

  • Baca juga: Menangi Pilpres AS, Biden Siap Fokus Tangani Covid-19

Seperti diketahui, kemenangan Biden pada Sabtu (7/11) waktu AS di Pennsylvania menempatkannya di ambang batas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk merebut kursi kepresidenan. Trump sendiri belum menyerah dan bersumpah akan memperkarakan hasil pemilu di pengadilan.

Baca Juga :  Habat, Korsel Amankan Vaksin Covid-19 untuk 60 Persen Populasinya

Satgas Covid-19 akan bertugas mengembangkan cetak biru untuk menekan penularan wabah begitu Biden dilantik pada Januari 2021. Satgas Covid-19 nantinya akan dipimpin oleh tiga ketua yakni mantan ahli bedah umum Vivek Murthy, mantan komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) David Kessler, dan Dr. Marcella Nunez-Smith dari Universitas Yale.

Baca Juga :  Jacinda Ardern Menangi Pemilu di Masa Pandemi Covid-19

“Saya tidak akan mengecualikan upaya, atau komitmen, untuk menyelesaikan pandemi ini,” ungkap Biden dalam pidato kemenangannya di Wilmington seperti dilansir Reuters.

Pengumuman Satgas Covid-19 akan memulai awal pekan yang sibuk bagi Biden dan wakilnya Kamala Haris, menuju transisi kepresidenan di sejumlah sektor. Biden bersungguh-sungguh menjalankan tugas membangun pemerintahannya menjelang pelantikan 20 Januari 2021 nanti.

Pada Minggu tim transisi baru akan meluncurkan situs terkini, BuildBackBetter.com, dan akun media sosial baru, @transition46, guna memberikan informasi transisi kepada masyarakat AS.

Comment