Categories: Kabar

Kartu Prakerja Gelombang IV Resmi Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftarnya

KalbarOnline.com – Pemerintah melalui Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang IV mulai hari ini, Sabtu (8/8). Kuota penerima yang tersedia mencapai 800.000.

Pembukaan akan dilakukan pukul 12.00 WIB siang ini. Pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni melalui luring (offline) maupun daring (online).

“Mekanisme penyaluran pendaftaran Kartu Prakerja, calon peserta wajib mendaftarkan diri, bisa dengan daring, luring (tatap muka). Nah luring bisa (mendaftar) melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemda di Dinas Ketenagakerjaan,” kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin dalam video conference, Jumat (7/8/2020).

Ia menuturkan kuota gelombang IV, jika kuota 800 ribu orang terpenuhi, maka target jumlah peserta Kartu Prakerja tahun ini sebanyak 5,6 juta orang bisa tercapai di Oktober mendatang. Sebelumnya, kuota Kartu Prakerja gelombang I hingga III berkisar 200 ribu hingga 300 ribu orang.

“Jadi kuota ini sudah ditetapkan sebesar 800 ribu per batch (gelombang) ke depannya akan tetap 800 ribu kecuali ada keputusan lain yang ditetapkan oleh komite,” imbuhnya.

Namun, pemerintah akan memprioritaskan peserta yang merupakan usulan peserta dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Mereka yang masuk dalam usulan itu adalah para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga karyawan yang dirumahkan akibat Covid-19 sebanyak 2,1 juta orang. Porsinya, sebesar 80 persen dari kuota 800 ribu, atau setara 640 ribu orang.

“Jadi 80 persen dari jumlah kuota itu setiap minggunya lebih kami prioritaskan kepada mereka yang terdampak,” katanya.

Untuk mekanisme pendaftaran secara tatap muka sebenarnya sama saja dengan pendaftaran online. Bedanya, pemohon wajib datang ke Kementerian Ketenagakerjaan atau Dinas Ketenagakerjaan setempat.

Pendaftaran secara luring bisa dilakukan di Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Ketenagakerjaan. Pendaftar harus datang langsung ke instansi tersebut dan mengisi formulir secara manual.

Bila secara online, masyarakat bisa mendaftar melalui www.prakerja.go.id. Berikut tata caranya:

1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id.
2. Masukkan email dan nomor ponsel. Tunggu kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.
3. Login akun dan klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran.
4. Melalui tes kemampuan dasar.
5. Panitia akan menghubungi yang lulus
6. Pendaftar bisa memilih pelatihan yang ingin diikuti. [rif]

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

3 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

4 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

12 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

12 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

12 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

12 hours ago