Categories: Pontianak

KIM Dorong Masyarakat Melek Informasi

KalbarOnline, Pontianak – Kemajuan teknologi informasi membawa arus informasi begitu derasnya hingga tak terbendung lagi. Oleh sebab itu, literasi digital dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat dibutuhkan dalam mengelola informasi. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyambut baik dibentuknya KIM di Kota Pontianak karena memiliki peran dalam menyebarluaskan informasi-informasi sekaligus meliterasi pembaca apabila ditemukan informasi yang negatif.

“Dengan adanya KIM ini akan membawa dampak positif untuk mencerdaskan masyarakat Pontianak,” ujarnya usai menghadiri pembentukan KIM di Cafe Bang Edi Jalan Sepakat II, Kamis (12/12/2019).

KIM merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang peduli dengan Kota Pontianak dalam mengelola informasi itu menjadi faktor untuk membantu dalam berkomunikasi.

“Mereka juga berfungsi untuk memfilter informasi-informasi dan meluruskan informasi yang tidak benar agar masyarakat bisa menerima informasi yang benar,” ungkapnya.

Menurut Edi, KIM yang komposisinya diisi oleh kaum millenial ini diharapkan memiliki literasi, wawasan yang luas, pengetahuan, data yang valid dan sebagainya.

“Dengan demikian informasi yang disampaikan menjadi berkualitas,” terangnya.

KIM, lanjutnya, sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya, KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk itu diperlukan pemberdayaan KIM guna mengembangkannya. KIM juga harus meningkatkan kompetensinya,” pungkasnya. (jim)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Harisson Minta OPD Perbaiki SOP dan Temuan BPK: Jangan Sampai Berulang

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri exit meeting pemeriksaan terinci atas…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Sambangi Stan Pameran Dekranasda Kalbar di Solo

KalbarOnline, Surakarta - Setelah menyaksikan pameran mobil hias dan budaya serta kriya di kawasan Jalan…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Terima Kunjungan Ketua KDEKS Banten

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson didampingi beberapa kepala perangkat daerah…

3 hours ago

Harisson Minta Pengawasan Pangan Dilakukan Secara Konsisten dan komprehensif

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur  Kalbar, Harisson membuka Rakor Penguatan Pengawasan Ketahanan Pangan dan Promosi…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Harap Pesparawi Kalbar Mampu Dulang Prestasi di Tingkat Nasional

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan…

3 hours ago

Gara-gara Sabu, Remaja di Kubu Raya Nekat Curi Kabel Listrik Milik Perusahaan

KalbarOnline, KUBU RAYA - Seorang remaja berinisial RM (22 tahun), warga Kabupaten Kubu Raya, ditangkap…

3 hours ago