Pj Gubernur Harisson Sambangi Stan Pameran Dekranasda Kalbar di Solo

KalbarOnline, Surakarta – Setelah menyaksikan pameran mobil hias dan budaya serta kriya di kawasan Jalan Slamet Riyadi Solo, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyambangi stan pameran Dekranasda Kalbar di Pracima Tuin Mangkunegaran, Kota Solo, Rabu (15/05/2024).

Kehadiran Harisson kala itu didampingi Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari.

Stan Dekranasda Kalbar menyandang tema budaya Kalbar, yakni Rumah Baluk yang merupakan rumah adat suku Dayak Bidayuh Kabupaten Bengkayang yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Selain itu, stan Dekranasda Kalbar juga menampilkan permainan musik tradisional suku Dayak yakni sape’ untuk menarik masyarakat yang berbelanja wastra dan produk-produk kerajinan Kalbar (kriya).

Tampak Pj Gubernur dan Pj Ketua Dekranasda Kalbar melihat satu-persatu wastra serta produk-produk kerajinan tangan yang dipamerkan.

Dalam kesempatan itu, Pj Ketua Dekranasda Kalbar menyebut, bahwa momentum HUT Dekranas kali ini hendaknya dapat dimanfaatkan Kalbar untuk mempromosikan budaya dan produk kerajinan unggulannya dalam event nasional tersebut.

“Dengan mempromosikan budaya dan kriya Kalbar pada event nasional ini, kami berharap masyarakat Indonesia tertarik untuk datang langsung ke Kalbar,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa dengan stan pameran yang bertemakan rumah baluk dan penampilan seni musik tradisional suku Dayak dapat menambah rasa penasaran masyarakat akan budaya dan kriya di Kalbar.

“Tentunya ini menjadi suatu pertunjukkan agar wisatawan tertarik untuk melihat langsung suku dan budaya di Kalbar, sehingga terjadi peningkatan wisatawan dan produk kerajinan unggulan Kalbar juga diminati wisatawan sehingga perekonomian di Kalbar terus berkembang,” kata Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Ani Sofian Tekankan Pentingnya Menanamkan Nilai-nilai Luhur Pancasila di Kalangan Gen-Z

KalbarOnline.com – Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Untuk memperingati hari…

51 seconds ago

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

18 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

21 hours ago

HUT ke-41 BPKP, Romi Wijaya: Semakin Akseleratif dan Independen

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri upacara peringatan Hari ulang tahun…

23 hours ago

Seorang Pemuda di Kubu Raya Nekat Curi Troli Basarnas untuk Modal Judi Slot

KalbarOnline – Seorang pemuda di Kubu Raya berinisial ED (29) diamankan polisi terkait kasus pencurian.…

23 hours ago

Bappeda Pontianak Ajak Stakeholders Identifikasi Potensi Risiko Pembangunan SPALD-T

KalbarOnline.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk…

23 hours ago