KIM Dorong Masyarakat Melek Informasi

KalbarOnline, Pontianak – Kemajuan teknologi informasi membawa arus informasi begitu derasnya hingga tak terbendung lagi. Oleh sebab itu, literasi digital dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat dibutuhkan dalam mengelola informasi. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyambut baik dibentuknya KIM di Kota Pontianak karena memiliki peran dalam menyebarluaskan informasi-informasi sekaligus meliterasi pembaca apabila ditemukan informasi yang negatif.

Baca Juga :  Wujudkan Sintang Lestari, Bupati Tegaskan Komitmen Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

“Dengan adanya KIM ini akan membawa dampak positif untuk mencerdaskan masyarakat Pontianak,” ujarnya usai menghadiri pembentukan KIM di Cafe Bang Edi Jalan Sepakat II, Kamis (12/12/2019).

KIM merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang peduli dengan Kota Pontianak dalam mengelola informasi itu menjadi faktor untuk membantu dalam berkomunikasi.

“Mereka juga berfungsi untuk memfilter informasi-informasi dan meluruskan informasi yang tidak benar agar masyarakat bisa menerima informasi yang benar,” ungkapnya.

Baca Juga :  27 Orang Dijebloskan Sat Reskrim Pontianak ke Tahanan Sepanjang Juni 2022

Menurut Edi, KIM yang komposisinya diisi oleh kaum millenial ini diharapkan memiliki literasi, wawasan yang luas, pengetahuan, data yang valid dan sebagainya.

“Dengan demikian informasi yang disampaikan menjadi berkualitas,” terangnya.

KIM, lanjutnya, sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya, KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk itu diperlukan pemberdayaan KIM guna mengembangkannya. KIM juga harus meningkatkan kompetensinya,” pungkasnya. (jim)

Comment