Categories: Kubu Raya

Minim Sarana Komputer, SMPN 3 Sungai Raya Masih Laksanakan UNKP

KalbarOnline, Kubu Raya – Mata pelajaran komputer yang sempat dihilangkan dalam kurikulum membuat sejumlah sekolah merasa kebingungan untuk menciptakan generasi melek teknologi terutama di tingkat SMP dan MTs, khususnya pada saat momen pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Salah satunya SMPN 3 Sungai Raya yang saat ini hanya dapat menerapkan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk 492 peserta ujian yang terdiri dari empat sekolah yang ikut bergabung.

Kepala sekolah SMPN 3 Sungai Raya, Masiyah mengatakan adapun sekolah-sekolah yang ikut bergabung dalam rangka Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yakni SMP Tunas Muda, SMP Harapan Bangsa, MTs Al-fatwa dan SMPN 16 Satu Atap. Dari empat sekolah tersebut yang merupakan murid asal dari SMPN 3 Sungai Raya sebanyak 320 peserta ujian.

“Khususnya tentang sarana yakni komputer belum mencukupi untuk melaksanakan UNBK. Pada tahun 2017 bantuan dari pemerintah pusat, sebanyak 22 unit yang selanjutnya secara mandiri dapat terkumpul sebanyak 16 unit sehingga berjumlah 38 unit. Dengan jumlah yang ada, pada Maret 2018 lalu mata pelajaran komputer sudah diterapkan kembali,” ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (23/4/2019) kemarin.

Secara mandiri, disebut Masiyah, merupakan kerja bersama dengan Komite Sekolah dengan cara menarik iuran kepada orang tua murid yang telah dijalani selama setahun. Selanjutnya kekurangan juga terjadi kepada mesin server yang dimiliki sekolah hanya satu unit.

“Jadi untuk melaksanakan UNBK di sini masih membutuhkan waktu dengan minimnya sarana tersebut. Saya tetap optimis dapat melaksanakan UNBK disini, namun untuk menuju kesiapan tersebut masih banyak kendala-kendala yang dihadapi terutama dengan iuran yang masih banyak yang belum membayar,” tukasnya.

Dirinya berharap untuk tahun-tahun ke depannya dapat mencapai target dalam persiapan pelaksanaan UNBK. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan, Pastikan Keandalan Pelayanan KTT WWF 2024 di Bali

KalbarOnline.com – PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik yang andal untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat…

2 hours ago

Sutarmidji dan Ria Norsan Sepakat Kembali Berpasangan di Pilgub Kalbar 2024

KalbarOnline.com - Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023, Sutarmidji dan Ria Norsan sepakat…

8 hours ago

Sutarmidji dan Ria Norsan Ngopi Pagi di Aming Kenakan Kaos “Bersama Lanjutkan”

KalbarOnline.com - Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023, Sutarmidji dan Ria Norsan tertangkap…

10 hours ago

Dekranasda Kubu Raya Turut Andil Meriahkan HUT Dekranas 2024 di Kota Solo

KalbarOnline, Pontianak - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat turut…

14 hours ago

Taman Akcaya Pontianak: Destinasi Wisata Seru di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Taman Akcaya Pontianak yang terletak di Jalan Sutan Syahrir, Kecamatan Pontianak Kota…

16 hours ago

Menikmati Keindahan Taman Alun-Alun Kapuas di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Taman Alun-Alun Kapuas adalah salah satu destinasi wisata populer di Kota Pontianak,…

16 hours ago