Categories: Sintang

Buka Musdat DAD Sepauk, Wabup Askiman: Lembaga Adat Sangat Strategis di Sintang

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman membuka acara musyawarah adat Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Sepauk, Selasa (23/10/2018).

Warna merah meramaikan penyambutan kedatangan rombongan Wabup Askiman di halaman kantor Camat Sepauk. Berbagai ritual gawai penyambutan dilakukan pengurus DAD Kecamatan Sepauk dengan diiringi musik yang riuh, sebuah tarian adat disuguhkan kepada para tamu.

Menurut Askiman, lembaga adat merupakan lembaga yang sangat strategis bagi Kabupaten Sintang. Keberadaan lembaga adat ini merupakan tali simpul utama untuk melakukan layanan norma moral dan norma kesopanan, norma adat untuk mengurus masyarakat sebagaimana mestinya.

“Kita mengenal ada lembaga dewan adat ada juga lembaga ketemenggungan hingga ke tingkat desa. Melalui lembaga adat inilah kita mampu menjaga keutuhan dan kebersamaan inter masyarakat dayak dan antar masyarakat semua suku bangsa yang ada di Kabupaten Sintang ini,” ujarnya.

Lembaga adat di Kabupaten Sintang memiliki suatu petuah yang merangkum nilai-nilai moral dan kesopanan, ‘betungkat ke adat basa, bepegai ke pengatur pekara’. Pemerintah juga mengharapkan bahwa lembaga adat ini dapat menggali potensi budaya daerah, adat istiadatnya, sebagai satu asset dalam rangka pengembangan pariwisata daerah.

“Kita punya hukum adat yang mengatur kehidupan bermasyarakat yang ada, bukan soal besar kecilnya denda tapi lebih pada sanksi sosial yang diberikan. Saya harapkan dalam musdat ini para peserta yang hadir, dapat merumuskan suatu perubahan atau revisi pada naskah hukum adat yang sudah ada, kita sesuaikan lagi dengan perkembangan jaman sekarang ini,” tukasnya.

“Sehingga kewibawaan lembaga adat ini dapat dilihat dan dirasakan bersama keberadaannya saat ini,” pungkas Askiman.

Sementara Ketua dewan adat dayak kabupaten Sintang, Jeffray Edward menyebutkan organisasi DAD haruslah diurus dengan sebaik-baiknya. Pria yang kesehariannya juga merupakan Ketua DPRD, karna keberadaan DAD dan MADN telah bergaung hingga ke tingkat international.

“Kita mau mengembangkan DAD ini menjadi organisasi yang mampu mengambil peran baik itu di masyarakat maupun di pemerintahan. Oleh sebab itu siapapun pengurus DAD Kecamatan Sepauk ini bekerjalah dengan sebaik-baiknya,” pesan Jeffray menutup sambutannya. (*/Sg)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

12 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

13 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

21 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

21 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

21 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

21 hours ago