Buka Musdat DAD Sepauk, Wabup Askiman: Lembaga Adat Sangat Strategis di Sintang

Wakil Bupati Sintang, Askiman memberikan sambutannya saat membuka Musdat DAD Sepauk
Wakil Bupati Sintang, Askiman memberikan sambutannya saat membuka Musdat DAD Sepauk (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman membuka acara musyawarah adat Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Sepauk, Selasa (23/10/2018).

Warna merah meramaikan penyambutan kedatangan rombongan Wabup Askiman di halaman kantor Camat Sepauk. Berbagai ritual gawai penyambutan dilakukan pengurus DAD Kecamatan Sepauk dengan diiringi musik yang riuh, sebuah tarian adat disuguhkan kepada para tamu.

Menurut Askiman, lembaga adat merupakan lembaga yang sangat strategis bagi Kabupaten Sintang. Keberadaan lembaga adat ini merupakan tali simpul utama untuk melakukan layanan norma moral dan norma kesopanan, norma adat untuk mengurus masyarakat sebagaimana mestinya.

“Kita mengenal ada lembaga dewan adat ada juga lembaga ketemenggungan hingga ke tingkat desa. Melalui lembaga adat inilah kita mampu menjaga keutuhan dan kebersamaan inter masyarakat dayak dan antar masyarakat semua suku bangsa yang ada di Kabupaten Sintang ini,” ujarnya.

Lembaga adat di Kabupaten Sintang memiliki suatu petuah yang merangkum nilai-nilai moral dan kesopanan, ‘betungkat ke adat basa, bepegai ke pengatur pekara’. Pemerintah juga mengharapkan bahwa lembaga adat ini dapat menggali potensi budaya daerah, adat istiadatnya, sebagai satu asset dalam rangka pengembangan pariwisata daerah.

“Kita punya hukum adat yang mengatur kehidupan bermasyarakat yang ada, bukan soal besar kecilnya denda tapi lebih pada sanksi sosial yang diberikan. Saya harapkan dalam musdat ini para peserta yang hadir, dapat merumuskan suatu perubahan atau revisi pada naskah hukum adat yang sudah ada, kita sesuaikan lagi dengan perkembangan jaman sekarang ini,” tukasnya.

“Sehingga kewibawaan lembaga adat ini dapat dilihat dan dirasakan bersama keberadaannya saat ini,” pungkas Askiman.

Sementara Ketua dewan adat dayak kabupaten Sintang, Jeffray Edward menyebutkan organisasi DAD haruslah diurus dengan sebaik-baiknya. Pria yang kesehariannya juga merupakan Ketua DPRD, karna keberadaan DAD dan MADN telah bergaung hingga ke tingkat international.

“Kita mau mengembangkan DAD ini menjadi organisasi yang mampu mengambil peran baik itu di masyarakat maupun di pemerintahan. Oleh sebab itu siapapun pengurus DAD Kecamatan Sepauk ini bekerjalah dengan sebaik-baiknya,” pesan Jeffray menutup sambutannya. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar