Categories: Ketapang

Hujan Deras, Puluhan Rumah dan Fasum Terendam Banjir di Marau Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang beberapa hari belakangan ini mengakibatkan beberapa dusun di Desa Runjai Jaya mengalami banjir.

Ketinggian air di lokasi banjir tersebut bahkan sempat mencapai 1,5 meter sehingga menyebabkan lumpuhnya aktifitas warga dan sekitar 30 rumah warga serta beberapa fasilitas umum dan bangunan milik pemerintah juga ikut terendam air.

Saat dikonfirmasi, Camat Marau, Monri mengatakan bahwa debit air mulai meninggi di desa Runjai Jaya diperkirakan terjadi pada Rabu malam (5/9/2018) sekitar pukul 23.45 Wib.

“Proses banjir agak cepat prosesnya dan terjadi pada tengah malam saat warga sedang tidur dan dalam keadaan hujan dari kemaren sore,” jelasnya, Kamis (6/9/2018).

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini petugas kesehatan telah mendirikan posko didepan rumah Kepala Desa sebagai langkah awal yang diambil untuk meminimalisir dampak dari musibah banjir tersebut.

“Sampai saat ini sudah ada bantuan yang masuk dan sebelumnya kita sudah berkoordinasi baik dengan Pemda Ketapang dan juga perusahaan yang berada di sekitar desa tersebut,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang, Maryadi Asmuie mengatakan usai mendapat laporan dari camat tentang kondisi di Kecamatan Marau pihaknya langsung menurunkan tim BPBD ke lokasi yang mengalami banjir.

“Sesuai laporan tim kami langsung menuju ke lokasi untuk memberikan bantuan dan mendata berapa jumlah rumah dan fasilitas umum yang terkena banjir,” ungkapnya. (Adi LC)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

4 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

5 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

13 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

13 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

14 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

14 hours ago