Hujan Deras, Puluhan Rumah dan Fasum Terendam Banjir di Marau Ketapang

Banjir di Marau Ketapang
Banjir yang merendam Kecamatan Marau, Ketapang (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang beberapa hari belakangan ini mengakibatkan beberapa dusun di Desa Runjai Jaya mengalami banjir.

Ketinggian air di lokasi banjir tersebut bahkan sempat mencapai 1,5 meter sehingga menyebabkan lumpuhnya aktifitas warga dan sekitar 30 rumah warga serta beberapa fasilitas umum dan bangunan milik pemerintah juga ikut terendam air.

Saat dikonfirmasi, Camat Marau, Monri mengatakan bahwa debit air mulai meninggi di desa Runjai Jaya diperkirakan terjadi pada Rabu malam (5/9/2018) sekitar pukul 23.45 Wib.

“Proses banjir agak cepat prosesnya dan terjadi pada tengah malam saat warga sedang tidur dan dalam keadaan hujan dari kemaren sore,” jelasnya, Kamis (6/9/2018).

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini petugas kesehatan telah mendirikan posko didepan rumah Kepala Desa sebagai langkah awal yang diambil untuk meminimalisir dampak dari musibah banjir tersebut.

“Sampai saat ini sudah ada bantuan yang masuk dan sebelumnya kita sudah berkoordinasi baik dengan Pemda Ketapang dan juga perusahaan yang berada di sekitar desa tersebut,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang, Maryadi Asmuie mengatakan usai mendapat laporan dari camat tentang kondisi di Kecamatan Marau pihaknya langsung menurunkan tim BPBD ke lokasi yang mengalami banjir.

“Sesuai laporan tim kami langsung menuju ke lokasi untuk memberikan bantuan dan mendata berapa jumlah rumah dan fasilitas umum yang terkena banjir,” ungkapnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar