Categories: Landak

Miris! PETI Kembali Beroperasi, Kapolsek Menjalin Meradang, Masyarakat: Kami Tidak Ada Kerjaan Lain Pak

KalbarOnline, Landak – Kapolsek Menjalin bersama 5 (Lima) anggota terdiri dari Kanit Reskrim berserta anggota, Kanit Intelkam berserta anggota dan 1 (orang) Anggota Unit Sabhara mendatangi lokasi pertambangan emas tanpa ijin (PETI) di daerah Dusun Lonjengan, Desa Sepahat, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Kamis (3/5) siang.

Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi menerangkan bahwa kedatangan pihaknya yakni berdasarkan laporan hasil penyelidikan anggotanya terkait aktifitas PETI di wilayah Kecamatan Menjalin yang kembali beraktifitas usai operasi PETI oleh pihak Kepolisian sepekan lalu yang sempat menghentikan aktifitas PETI beberapa minggu.

“Penambang PETI ini pandai melihat situasi, disaat Kepolisian melakukan razia PETI di sejumlah wilayah, mereka hentikan kegiatan, dimana kemarin rencana kegiatan kita akan melakukan penindakan refresif, tapi didaerah tersebut sepi seolah-olah tidak ada kegiatan PETI,” ujar Kapolsek Menjalin.

Melihat aktifitas PETI yang kembali beroperasi, Kapolsek Menjalin memanggil seluruh penambang yang sedang beraktifitas dan memberikan ancaman dan himbauan.

“Segera hentikan dan kemas seluruh peralatan tambang dalam waktu dekat, jika masih melakukan PETI kami akan melakukan tindakan hukum,” tegas Kapolsek, meradang.

“Kami tidak ada kerjaan lain selain bertambang, untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, bisa-bisa dapur kami tidak berasap,” ucap Boni salah seorang penambang.

Menanggapi pernyataan tersebut Kapolsek sampaikan bahwa menambang secara liar yang dilakukan masyarakat bukanlah sebuah solusi untuk menafkahi keluarga, malah menambah masalah.

“Menambah masalah jika kalian masih bekerja tambang, masih banyak pekerjaan lain untuk menafkahi keluarga dengan tidak melanggar hukum seperti saat ini,” pungkas Kapolsek sebelum meninggalkan lokasi PETI. (Fat)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

2 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

2 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

2 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

5 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

12 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

13 hours ago