Wakili Bupati, Sekda Ketapang Hadiri World Water Forum ke-10 di Bali

KalbarOnline, Bali – Mewakili Bupati Ketapang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri acara World Water Forum (WWF) ke-10, di Bali, 18 – 25 Mei 2024.

Dalam rangkaian acara itu, Kementerian PUPR menyelenggarakan special event dengan tema, “Achieving Universal Access of Water Supply Service and 2045 Indonesia Emas Vision Through water supply Sector Transformation”. Tema ini didapat dari pengalaman negara Portugal.

Dalam forum tersebut, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan delegasi Portugal  memberikan paparan tentang WWF di Ball Room Grand Hyatt Bali.

Mereka mengatakan, tujuan diadakannya  WWF adalah untuk mengatasi isu-isu air global. Isu air global ini sebetulnya sudah dibahas sejak pertama kali diadakan WWF, yakni pada tahun 1997. Sejak itu pula, WWF menjadi acara penting dalam agenda global mengenai isu-isu air.

Setelah WWF ke-9 di Nigeria, maka  Indonesia dipercayai menjadi tuan rumah WWF yang ke-10. WWF yang ke-10 ini mengusung tema, “Water For Shared Prosperity” atau “Air Untuk Kesejahteraan Bersama”.

Rangkaian pembukaan WWF ke-10 telah dimulai sejak Sabtu (18/05/2024) dengan ritual upacara Segara Kerthi, yang dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali, Denpasar.

World Water Forum sendiri diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dengan kerja sama antara negara tuan rumah dan World Water Council (WWC).

Forum tersebut menjadi sarana pertemuan internasional, yang membahas tentang isu-isu air secara global, khususnya membahas serta merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia.

Dalam event berskala internasional itu, Pertamina Group juga memaparkan sejumlah upaya untuk menjaga keberlangsungan air bersih. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Salat Id Berjemaah bersama Warga, Ani Sofian Ajak Maknai Kisah Nabi Ibrahim

KalbarOnline, Pontianak – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum yang tepat untuk memaknai arti pengorbanan.…

51 mins ago

1.005 Warga Binaan Rutan Pontianak Dapat Daging Kurban

KalbarOnline, Pontianak - Rutan Kelas II Pontianak menggelar sholat Idul Adha 1445 Hijriah hingga menyembelih…

1 hour ago

Ngaku Hanya Kopdar, Polisi Amankan 65 Remaja di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 65 remaja diduga hendak tawuran di depan Gereja Katedral Jalan A.R…

1 hour ago

Kapolda Kalbar Dorong Pemprov Tiru Singapura, Gelar Event Internasional

KalbarOnline, Pontianak - Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto dorong Pemerintah Provinsi Kalbar untuk…

4 hours ago

Tunaikan Salat Id di Mujahidin, Pj Gubernur Harisson Ajak Masyarakat Kalbar Teladani Nabi Ibrahim

KalbarOnline.com - Ribuan masyarakat muslim di Provinsi Kalimantan Barat memadati halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak…

10 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Rapat Pimpinan BKOW Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson membuka Rapat Pimpinan Badan Kerjasama Organisasi…

11 hours ago