Harisson Dorong Produk Unggulan Kalbar Masuk Pasar Malaysia

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka secara resmi pagelaran Semarak Pariwisata, UMKM, Keuangan (Saprahan) Khatulistiwa Expo di Gedung PCC, Sabtu (17/02/2024).

Sebanyak 51 stand mulai dari Dekranasda, UMKM, pariwisata hingga perbankan turut serta pada Saprahan Khatulistiwa Expo tahun ini.

Expo yang digelar oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Pontianak ini dikemas dalam rangka mempromosikan pariwisata dan UMKM untuk mendongkrak perekonomian.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Harisson didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari pun menyambangi satu persatu stand yang menampilkan berbagai produk-produk unggulan, baik kerajinan tangan, souvenir, makanan ringan, paket destinasi wisata dan perbankan.

“Kita berharap lewat Saprahan Khatulistiwa ini produk unggulan Kalbar semakin dapat dikenal oleh masyarakat luas baik nasional maupun internasional dan juga terjadi transaksi antara pembeli dengan UMKM,” ucap Harisson.

Dirinya menambahkan, UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.

Kemudian UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.

“Di dalam Saprahan Khatulistiwa ini, selain memamerkan produk-produk UMKM juga di sini nanti kita pertemukan antara UMKM, perbankan maupun pembeli,” jelasnya.

Harisson mendorong agar ke depan beragam produk-produk unggulan Kalbar mampu merambah pasar-pasar nasional hingga internasional. Dirinya meyakini dari sisi potensi, produk Kalbar tidak kalah dengan daerah lain. Sehingga berbagai upaya menurutnya harus terus dimaksimalkan.

“Saya ingin produk-produk unggulan Kalbar masuk ke pasar-pasar di luar Provinsi Kalbar, dan kita dekat dengan perbatasan, bila perlu di ekspor ke Sarawak atau Malaysia,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Tak Perlu Campur Urusan Paslon Lain, Relawan: Midji-Norsan Siap Tarung Gagasan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal calon Gubernur Kalbar petahana, Sutarmidji irit bicara saat dimintai tanggapan terkait…

38 mins ago

Apa Kabar Kapuas Raya? Midji-Norsan Anggap Janji yang Terucap, Wajib Diperjuangkan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2024, Sutarmidji dan Ria…

40 mins ago

Midji-Norsan Sepakat Maju Sepaket di Pilgub Kalbar 2024

KalbarOnline, Pontianak - Perdebatan elitis mengenai keretakan hubungan Sutarmidji dan Ria Norsan terjawab tuntas, pada…

49 mins ago

Komeng Tewas Tersengat Listrik di Ruang Gardu PLN Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pria bernama Hendrik alias Komeng (51 tahun) ditemukan tewas di dalam ruang…

2 hours ago

Disperpusip Pontianak Rayakan Hari Buku Nasional dengan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 40 peserta dari Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Pontianak meramaikan lomba bercerita…

6 hours ago

Viral! Video Perempuan Dipukuli Bertubi-tubi oleh Rekan Kerja, Kejadian Diduga di Sentap Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Sebuah video viral di media sosial Instagram,  yang menunjukkan seorang perempuan muda…

6 hours ago