Categories: PolhumPontianak

Disporapar Kalbar Siapkan 15 Event Guna Meriahkan Hari Sumpah Pemuda, Apa Saja?

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sedikitnya telah mempersiapkan 15 rangkaian event menarik dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023.

Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan, rangkaian event itu telah dimulai sejak 3 Oktober kemarin, berupa sertifikasi profesi barista untuk para pemuda.

Pada kegiatan tersebut, Disporapar Kalbar bekerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi BNSP. Harapannya, dengan sertifikasi tersebut, barista-barista Kalbar dapat memiliki daya saing.

“Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini kita mengusung tema ‘Semarak 95 Tahun Sumpah Pemuda, Pemuda Kalbar Maju Bersama Untuk Indonesia’,” ujarnya.

Selain sertifikasi barista, Disporapar Provinsi Kalbar juga akan menggelar coaching clinic olahraga berprestasi bagi pelajar dan pemuda yang digelar pada 19, 23 dan 25 Oktober.

Coaching clinic olahraga tersebut akan melibatkan sebanyak 2.500 pelajar sebagai pesertanya. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perguruan tinggi. Lewat agenda ini, diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pelajar dan mahasiswa tentang olahraga prestasi.

“Lalu mewujudkan atlet pelajar yang memiliki prestasi sesuai kecabangannya dengan tidak mengabaikan akademik dan kesehatan serta memasyarakatkan program masyarakat Kalbar bugar ayo olahraga,” jelas Windy.

Dirinya menambahkan, adapun agenda berikutnya yakni pelatihan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitasi sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja bidang pariwisata. Kegiatan ini dimulai dari 20 sampai 21 Oktober.

Windy menjelaskan, agenda tersebut bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan pemandu wisata tentang kepariwisataan serta tata cara pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung ke destinasi yang ada di Provinsi Kalbar.

“Lewat agenda tersebut kita harapkan juga dapat mewujudkan pemandu wisata sertifikasi nasional,” kata Windy.

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 24 Oktober, Disporapar Kalbar juga akan menggelar agenda kumpul bareng pemuda Kalbar. Momen ini bakal dirangkaikan dengan peluncuran Kalbar Connect yang bisa menghubungkan para pemuda Kalbar di level nasional dan internasional.

Kegiatan ini, terang Windy, dimaksudkan agar tercipta berbagai peluang di bidang pendidikan, pelatihan, kerja dan keterlibatan dalam kegiatan sosial dan inovatif. Lewat Kalbar Connect itu juga, kata dia, para pemuda yang ingin turut berpartisipasi dalam membangun daerah bisa berkomunikasi.

“Ini akan menampung aspirasi dari para pemuda Kalbar yang ada di luar Kalbar yang mana mereka ingin ikut membangun Kalbar, mereka akan berkomunikasi dalam satu media yang kita namakan Kalbar Connect,” jelasnya.

Dalam rangkaian agenda ngumpul bareng tersebut, Disporapar Kalbar juga akan menghadirkan pembicara dari kalangan muda Kalbar yang berprestasi dan memiliki jejaring luas, sehingga diharapkan bisa membuka dan merubah pola pikir para pemuda Kalbar dalam membuka kesempatan, layak dan bisa berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.

“Kita berharap lewat agenda tersebut bisa menambah wawasan pemuda agar membuka dan membangun jejaring ke tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada 24 Oktober, Disporapar Kalbar juga akan menggelar bimbingan teknis kewirausahaan pemuda. Agenda ini bakal berlangsung hingga 26 Oktober. Adapun tujuannya, guna memberikan dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan pemuda tentang wirausaha pemula.

“Kita mendorong kalangan muda untuk berwirausaha,” kata Windy.

Kemudian, Disporapar Provinsi Kalbar juga akan menggelar sertifikasi profesi fotografer yang bakal dimulai sejak 24 hingga 25 Oktober. Selanjutnya agenda Mbak Kepo Goes To School yang digelar pada 26 Oktober dengan tujuan sosialisasi pengenalan destinasi wisata kepada siswa siswi.

“Dalam agenda ini kita akan menyampaikan program dan promosi dalam pariwisata yang ada di Kalbar ke sekolah sekolah,” ujar Windy.

“Kami berharap  para pemuda ini bisa ikut mensosialisasikan dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kalbar tentunya dengan gaya milenial pemuda,” tambahnya.

Dalam momentum Hari Sumpah Pemuda 2023 pula, Disporapar Kalbar turut menyelenggarakan event desa wisata sadar remaja. Agenda tersebut merupakan kolaborasi antara Genre Kalbar bersama  Disporapar Provinsi Kalbar dengan sasaran remaja perdesaan.

Event desa wisata sadar remaja tersebut bertujuan menumbuhkan pemahaman remaja akan arti pentingnya mengembangkan pariwisata di desanya, sehingga dapat dikelola menjadi sumber mata pencaharian dan meningkatkan pendapatan.

“Kami juga akan melaksanakan kegiatan pemuda peduli pencegahan stunting di Kalbar yang diisi sosialisasi dari dokter-dokter yang berkompeten, terutama untuk mencegah stunting bagi para remaja dan pemuda sebelum memasuki usia pernikahan,” jelas Windy.

Sementara pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang, akan dilaksanakan berbagai kegiatan sosial, kemasyarakatan, upacara kemudian pentas kreasi pemuda yang bakal digelar di halaman Kantor Gubernur Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Data Januari – Mei 2024, 15 Tersangka Narkoba di Kapuas Hulu Didominasi Anak Muda

KalbarOnline, Putussibau - Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor Kapuas Hulu, IPTU Jamali mengungkapkan, bahwa pihaknya…

6 hours ago

Wakili Bupati, Absalon Buka Sosialisasi dan Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024 Kabupaten Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Staf Ahli Bupati Ketapang bidang Kemasyarakatan dan SDM, Absalon membuka…

6 hours ago

Terbang ke Jakarta, Sekda Kapuas Hulu Rapat Bersama Dirjen Kemendagri, Bahas Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

KalbarOnline, Jakarta - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menghadiri rapat koordinasi dan konsultasi…

6 hours ago

Pj Gubernur Harisson Ajak Pemuda Ambil Bagian Turunkan Angka Stunting Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson mengapresiasi niat baik dan usaha dari para…

6 hours ago

Pj Gubernur Harisson Pimpin Rapat Gerakan Orang Tua Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson memimpin rapat Gerakan Orang Tua…

6 hours ago

Pj Wali Kota Imbau Sekolah Gelar Acara Perpisahan Secara Sederhana

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengimbau sekolah-sekolah khususnya SD dan SMP…

6 hours ago