Petugas Temukan 10 HP Saat Razia Kamar Warga Binaan di Lapas Perempuan Pontianak, Narkoba Nihil

KalbarOnline, Pontianak – Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Pontianak mendadak heboh. Kamar mereka dirazia oleh petugas, Selasa pagi, 19 April 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lapas Perempuan Pontianak Sahduriman mengatakan, kegiatan razia tersebut merupakan perintah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun.

“Dalam razia ini, kita terjunkan 54 personel dan di bawah pengawasan petugas kepolisian,” kata Sahduriman.

Baca Juga :  16 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Razia Indekost, Ngakunya Cuma Saling Cerita

Sahduriman menyebut, razia tersebut berlangsung humanis dan tegas. Petugas menemukan 10 unit handphone, gunting dan korek api. Namun petugas tidak menemukan adanya narkoba di kamar warga binaan.

“Yang harus diantisipasi, handphone dapat digunakan warga binaan untuk melakukan pelarian atau memesan narkotika,” kata Sahduriman.

Baca Juga :  Perkuat UMKM Melalui Peningkatan Literasi Keuangan

Sahduriman mengatakan, dari 254 warga binaan, sebanyak 204 di antaranya atau sekitar 80 persen lebih merupakan kasus narkotika.

Dirinya menegaskan, apabila ada warga binaan ketahuan melakukan pelanggaran maka akan langsung ditindak.

“Penindakannya melalui pemeriksaan, apabila terbukti mereka akan disidang dan dijatuhi sanksi, misalnya tidak diberikan hak-hak tertentu seperti remisi dan lain sebagainya,” pungkas Sahduriman.

Comment