Categories: Nasional

PLN Siagakan 1.389 Personel Jaga Perayaan Idul Adha di Kalimantan

KalbarOnline, Pontianak – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan memastikan keandalan listrik di Kalimantan selama perayaan hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah. Sebanyak 1.389 personel disiagakan di 18 posko yang tersebar di seluruh Kalimantan. 

General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro menyampaikan , pemakaian listrik pelanggan pada perayaan Idul Adha tahun ini di Provinsi Kalseltengtim mencapai 1.343 Megawatt (MW) dan 478 MW untuk Provinsi Kalbar.

Alhamdulillah di Idul Adha 2023 ini kami mencatat kenaikan pemakaian listrik pelanggan lebih dari 15 persen di seluruh Kalimantan,” jelas Salam.

Salam menegaskan, pasokan daya pembangkit listrik dan sistem penyaluran di seluruh Kalimantan dalam kondisi normal.

“Ketercukupan daya sistem kelistrikan di seluruh Kalimantan dalam kondisi prima dengan cadangan sebesar 537 MW untuk sistem interkoneksi (Kalseltengtim) dan 232 MW di sistem Khatulistiwa (Kalbar),” ujar Salam.

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro memantau kesiapan posko siaga di seluruh kalimantan. (Foto: PLN)

Dari sisi ketersediaan energi primer, Salam mengatakan stok batubara di PLTU dalam kondisi terpenuhi dengan HOP lebih dari 15 hari, kondisi ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Selain ketercukupan daya pembangkit, kesiapan personil dan peralatan juga menjadi fokus utama kami selama hari raya Idul Adha,” kata Salam.

Untuk mengantisipasi gangguan pada tower transmisi, PLN telah menyiapkan 15 tower Emergency Recovery System (ERS) dan 5 trafo mobile.

“Tower ERS kami siapkan untuk mempercepat pemulihan jika terjadi gangguan pada tower transmisi,” imbuh Salam.

Salam juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga keandalan jaringan transmisi.

“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh pihak, salah satunya dengan tidak bermain layangan yang dapat mengancam penyaluran listrik kepada seluruh masyarakat,” pungkas Salam. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

17 mins ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

1 hour ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

9 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

10 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

10 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

10 hours ago