Categories: NasionalPontianak

Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Landak Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Wilayah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat diguncang gempa bumi tektonik pada Selasa, 20 Juni 2023 pukul 01:55:44 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter M=3.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.117 LU dan 109.39 BT, atau tepatnya berlokasi 30 Km Tenggara Sambas Kalimantan Barat pada kedalaman 10 Km.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar, Daniel menerangkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kerak dangkal akibat proses deformasi di batuan.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Landak dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut,” terangnya, Selasa (20/06/2023).

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Daniel mengimbau kepada masyarakat di wilayah Landak, Kalimantan Barat dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“BPBD Kalbar telah melakukan koordinasi dengan BPBD Landak supaya melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah maupun instansi terkait, memonitor perkembangan melalui media resmi, memonitor situasi dan kondisi di lapangan, serta para personil dan peralatan harus disiagakan,” tukasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

45 mins ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

15 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

16 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

24 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

24 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

24 hours ago