PLN Resmikan Tim PDKB Khatulistiwa

KalbarOnline, Pontianak – PLN meresmikan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa untuk wilayah Kalbar, Senin (05/06/2023).

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem, Evy Haryadi mengungkapkan, bahwa peresmian Tim PDKB Sistem Gardu Induk wilayah Kalimantan Barat ini di bawah UP3B Kalbar.

“Ini merupakan perluasan dari PDKB jaringan yang sudah dijalankan semuanya dari tahun 2019. Jadi kita kembangkan PDKB Gardu Induk ini,” ujar Evy.

Peresmian Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa untuk wilayah Kalbar, Senin (05/06/2023). (Foto: Indri)

Adanya Tim PDKB ini untuk peningkatan pelayanan PLN kepada pelanggan, sehingga tidak perlu dilakukan pemadaman jika ada pemeliharaan.

Pasukan PDKB adalah pasukan elit milik PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan pergantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati listrik.

“Kita punya komite PDKB secara nasional, mereka melakukan updating seluruh SOP yang ada. Jika ada pekerjaan baru maka komite ini akan melakukan evaluasi seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan dan mengecek kompetensi seluruh personelnya. Oleh karena kita sangat mengedepankan menjaga keselamatan personel,” jelas Evy.

Gardu Induk wilayah Kalimantan Barat. (Foto: Indri)

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan, Abdul Salam Nganro menjelaskan, Tim PDKB Khatulistiwa ini sudah ada sejak 2019 lalu dengan terbentuknya Tim PDKB Tegangan tinggi dan Tegangan Extra Tinggi (TT/TET), dan terbentuknya Tim PDKB Gardu Induk Pertama di Kalimantan. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2022 dilakukan pengadaan alat PDKB Gardu Induk UP3B Kalbar, setelah itu pada tahun 2023 dilakukan usulan Tim PDKB GI UP3B Kalbar Training dan Peresmian GI UP3B Kalbar.

“Di Kalimantan ini ada 38 anggota PDKB, kita usulkan ditambah lagi menjadi 25 untuk melengkapi PDKB Kalbar, Kalsel, dan Kaltim ini. Untuk di Kalbar ini mereka sedang menjalankan training dan diharapkan semuanya lulus,” tukasnya. (Indri)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

4 hours ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

4 hours ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

4 hours ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

4 hours ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

5 hours ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

18 hours ago