PLN Resmikan Tim PDKB Khatulistiwa

KalbarOnline, Pontianak – PLN meresmikan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa untuk wilayah Kalbar, Senin (05/06/2023).

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem, Evy Haryadi mengungkapkan, bahwa peresmian Tim PDKB Sistem Gardu Induk wilayah Kalimantan Barat ini di bawah UP3B Kalbar.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Ini merupakan perluasan dari PDKB jaringan yang sudah dijalankan semuanya dari tahun 2019. Jadi kita kembangkan PDKB Gardu Induk ini,” ujar Evy.

Peresmian Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa untuk wilayah Kalbar, Senin (05/06/2023). (Foto: Indri)
Peresmian Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa untuk wilayah Kalbar, Senin (05/06/2023). (Foto: Indri)

Adanya Tim PDKB ini untuk peningkatan pelayanan PLN kepada pelanggan, sehingga tidak perlu dilakukan pemadaman jika ada pemeliharaan.

Pasukan PDKB adalah pasukan elit milik PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan pergantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati listrik.

“Kita punya komite PDKB secara nasional, mereka melakukan updating seluruh SOP yang ada. Jika ada pekerjaan baru maka komite ini akan melakukan evaluasi seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan dan mengecek kompetensi seluruh personelnya. Oleh karena kita sangat mengedepankan menjaga keselamatan personel,” jelas Evy.

Gardu Induk wilayah Kalimantan Barat. (Foto: Indri)
Gardu Induk wilayah Kalimantan Barat. (Foto: Indri)

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan, Abdul Salam Nganro menjelaskan, Tim PDKB Khatulistiwa ini sudah ada sejak 2019 lalu dengan terbentuknya Tim PDKB Tegangan tinggi dan Tegangan Extra Tinggi (TT/TET), dan terbentuknya Tim PDKB Gardu Induk Pertama di Kalimantan. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2022 dilakukan pengadaan alat PDKB Gardu Induk UP3B Kalbar, setelah itu pada tahun 2023 dilakukan usulan Tim PDKB GI UP3B Kalbar Training dan Peresmian GI UP3B Kalbar.

Baca Juga :  PLN Hadirkan Tim Elite PDKB Gardu Induk di Kalimantan Barat

“Di Kalimantan ini ada 38 anggota PDKB, kita usulkan ditambah lagi menjadi 25 untuk melengkapi PDKB Kalbar, Kalsel, dan Kaltim ini. Untuk di Kalbar ini mereka sedang menjalankan training dan diharapkan semuanya lulus,” tukasnya. (Indri)

@kalbaronline

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji membuka Festival Kapuas Award 2023. Berbagai macam perlombaan digelar, mulai dari catur, bridge, hingga kano. Kegiatan ini dipusatkan di Kampung Wisata Caping, Gang H. Salmah, Imam Bonjol, Pontianak, mulai dari 2-4 Juni 2023. — Ikuti Fanspage Facebook, Twitter, dan YouTube kami di KalbarOnline.com. — #kalbaronline #tahudarikalbaronline #kalbaronlinedotcom

♬ suara asli – kalbaronline – kalbaronline

Comment