PLN Hadirkan Tim Elite PDKB Gardu Induk di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak – Layaknya prajurit yang memiliki kesatuan khusus dengan keterampilan tempur istimewa, PT PLN (Persero) juga memiliki pasukan khusus yang mampu bekerja melakukan perbaikan jaringan yang dialiri tegangan listrik. Dikenal sebagai pasukan Pekerjan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), tim ini merupakan orang-orang pilihan dengan keterampilan dan kompetensi yang khusus.

Dalam rangka meningkatkan keandalan jaringan transmisi di Kalbar, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan meresmikan kehadiran tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa. Peresmian PDKB Khatulistiwa ini dilakanakan pada hari Senin, 5 Juni 2023 di Gardu Induk Kota Baru. Peresmian ini dilakukan oleh oleh Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi.

Baca Juga :  Berbincang dengan Tiyan, Punggawa PLN Penjaga Terang Selama Natal dan Tahun Baru 2023

“Keberadaan Tim PDKB saat ini sudah menjadi tuntutan dari masyarakat, khususnya pelanggan yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. PDKB dibekali dengan kompetensi yang khusus untuk melakukan pemeliharaan tanpa harus memadamkan aliran listrik”, ungkap Evy.

Peresmian tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). (Foto: PLN)
Peresmian tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). (Foto: PLN)

Saat ini tim PDKB Gardu Induk Kalbar berjumlah 14 orang yang dilengkapi dengan peralatan dan prosedur keselamatan yang sangat baik.

Evy menambahkan dengan hadirnya Tim PDKB Gardu Induk pihaknya dapat melakukan pemeliharaan dalam keadaan bertegangan alias tidak perlu pemadaman.

“Tim PDKB sendiri telah menjalani pelatihan khusus selama 1,5 bulan,” imbuh Evy.

Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan. (Foto: PLN)
Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan. (Foto: PLN)

Ditemui di kesempatan yang sama, General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro menjelaskan setelah terbentuknya PDKB Transmisi pada 2019 kini pihaknya menambah tim PDKB untuk gardu induk.

Baca Juga :  Rektor dan Pimpinan Untan Deklarasikan Demokratisasi Kampus

“Di Kalimantan ini ada 38 anggota PDKB, kita usulkan ditambah lagi menjadi 25 untuk melengkapi PDKB Kalbar, Kalsel dan Kaltim ini. Untuk di Kalbar ini mereka sedang menjalankan trainning dan diharapkan semuanya lulus,” jelasnya.

Abdul Salam Nganro juga menyampaikan apresiasi luar biasa dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua anggota tim PDKB.

“Saya ucapkan terima kasih atas kontribusi yang teman-teman yang tak ternilai dalam memastikan pasokan listrik yang handal bagi masyarakat”, tutup Salam. (Jau)

Comment