Kolaborasi PSC Jerman dengan BKMM Pontianak, Anak Panti Asuhan Pepabri Dapat Pemeriksaan Mata dan Gigi Gratis

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 36 anak panti asuhan Pepabri mendapatkan pemeriksaan mata gratis dari Badan Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Kota Pontianak bekerja sama dengan Proyek Senyum Cemerlang (PSC) dari Projekt Strahlendes Lächeln e.V., yakni sebuah Non Government Organization (NGO) yang berkedudukan di Leipzig, Jerman.

Selain pemeriksaan mata gratis, juga diserahkan bantuan dari Esie Hanstein, Anggota Pendiri dan Staf Ahli PSC, sebanyak enam kacamata gratis bagi anak-anak panti asuhan yang membutuhkan. Tak hanya itu, mereka juga mendapat perawatan gigi gratis yang merupakan program dari PSC.

Pemeriksaan mata gratis langsung ditangani Kepala BKMM Kota Pontianak, Wirawan Adikusuma. Ia mengatakan, pemeriksaan mata gratis ini sebagai bentuk kepedulian para tim dokter mata kepada anak-anak panti asuhan sebagai generasi penerus bangsa.

“Penghargaan yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada PSC dari Jerman atas perhatian yang diberikan untuk kesehatan mata masyarakat Kota Pontianak, terutama bagi adik-adik panti asuhan yang membutuhkan,” ujarnya usai melakukan pemeriksaan mata di Panti Asuhan Pepabri Jalan Harapan Jaya Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan, Sabtu (13/05/2023).

Pemeriksaan mata ini, lanjutnya lagi, sangat penting untuk memastikan penglihatan anak-anak panti asuhan tidak ada yang mengalami gangguan. Terlebih mata merupakan panca indera yang sangat penting dalam menunjang segala aktivitas.

“Deteksi kesehatan mata menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan karena organ tubuh ini salah satu yang sangat penting dan harus dipastikan berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Terpisah, Esie Hanstein, Anggota Pendiri dan Staf Ahli PSC menjelaskan, proyek yang digulirkan ini menyasar di tiga kota, yakni Makassar, Enrekang dan Pontianak. Di Pontianak, selain bekerja sama dengan dokter gigi untuk pemeriksaan gigi, pihaknya juga berkolaborasi dengan BKMM Kota Pontianak untuk pemeriksaan mata gratis.

“Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak panti asuhan untuk merasakan bagaimana senyum dengan cemerlang tanpa ada rasa sakit gigi, gigi yang berlubang dan sebagainya, sekaligus memastikan indera penglihatan mereka tidak mengalami gangguan lewat pemeriksaan mata,” terang Esie yang juga Dosen Sastra Indonesia di dua universitas di Jerman ini.

Dia menambahkan, gagasan proyek ini digulirkan demi membantu anak-anak yatim piatu yang ada di tiga kota, yakni Makassar, Enrekang dan Pontianak. PSC merupakan kegiatan berbasis kemanusiaan yang digagas oleh NGO non profit. Pihaknya juga menggandeng dokter-dokter gigi di Kota Pontianak yang benar-benar mempunyai tujuan mengabdikan profesi mereka dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi anak-anak.

“Kami juga sangat senang jika proyek ini mendapatkan dukungan dari para dokter gigi di Kota Pontianak supaya proyek ini bisa dilanjutkan kembali karena konsep dari proyek ini adalah proyek berkelanjutan,” tutur Esie yang juga selaku Duta The Seventeen Global Goals Project dan penyanyi lagu berjudul Dunia Dalam Bahaya (The Indonesian Jungle Jam). (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pedomani Amanat Pangdam XII, Dandim Putussibau Beri Arahan Jamdan ke Prajurit

KalbarOnline, Putussibau - Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli  memberikan jam komandan (jamdan) kepada prajurit maupun…

2 hours ago

Program Krisan dan Gertam Cabai TP PKK Kalbar Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

KalbarOnline, Surakarta - TP PKK Provinsi Kalimantan Barat berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional, di…

2 hours ago

Sutarmidji Kantongi Rekomendasi PAN Untuk Pilkada Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menerima rekomendasi resmi dari Partai Amanat Nasional…

4 hours ago

Peduli Dunia Pendidikan, Iriana Jokowi Beri Penghargaan ke Jubaidah

KalbarOnline, Solo - Jubaidah, seorang ibu rumah tangga di Kalbar yang menghabiskan sebagian waktunya untuk…

5 hours ago

Obat Anti Hipertensi Harus Tetap Diminum Seumur Hidup

KalbarOnline, Pontianak – Hari Hipertensi Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Hari ini…

8 hours ago

Dua Atlet Kalbar Raih Medali di Kejurnas PPLP Manado

KalbarOnline, Manado - Dua atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Kalimantan Barat…

8 hours ago