Categories: Pontianak

Sutarmidji Imbau Masyarakat Tak Permasalahkan Perbedaan Penetapan Lebaran 1 Syawal 1444 H

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengimbau kepada seluruh masyarakat muslim di provinsi ini untuk tidak mempermasalahkan jika terdapat perbedaan dalam penetapan 1 Syawal atau lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini.

Karena menurut Sutarmidji, adanya perbedaan penetapan 1 Syawal tersebut merupakan sesuatu hal yang biasa saja, sehingga tidak perlu untuk dipermasalahkan.

“Ketika ada perbedaan (penetapan 1 Syawal), tapi mudah-mudahan tidak, kalau ada perbedaan yang mau ikut (hari) Jumat silakan, yang mau ikut Sabtu silakan,” ungkap Gubernur Sutarmidji, Selasa (18/04/2023).

Namun saat ditanya Sutarmidji akan memilih yang mana–jika memang terjadi perbedaan? Maka sebagai gubernur dirinya akan mengikuti penetapan dari pemerintah.

Namun demikian, Sutarmidji kembali mempersilakan masyarakat yang ingin melaksanakan Shalat Idul Fitri pada hari Jumat (21/04/2023), untuk menggunakan fasilitas di mana saja, misalnya di Masjid Raya Mujahidin ataupun tempat-tempat lainnya. Karena sekali lagi ia meminta agar perbedaan dalam penetapan 1 Syawal ini tidak dijadikan masalah di tengah masyarakat.

“Perbedaan penetapan 1 Syawal itu sebenarnya tidak masalah, yang Muhammadiyah misalnya terlebih dahulu, silahkan shalat di mana saja, mau di Mujahidin boleh, dan tempat lainnya boleh, sama saja sebetulnya, kalau saya ikut pemerintah shalatnya,” terang Sutarmidji. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

12 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

14 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

14 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

14 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

14 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

14 hours ago