Categories: Pontianak

Operasi Lilin Kapuas 2022 Berakhir, Pergantian Malam Tahun Baru di Kalbar Berjalan Kondusif

KalbarOnline, Pontianak – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menyampaikan hasil pelaksanaan Operasi Lilin Kapuas 2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023, pada Rabu (04/01/2203).

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro melalui Kabid Humas Polda Kalbar, Kombespol Raden Petit Wijaya mengatakan, bahwa berdasarkan laporan Dirlantas Polda Kalbar, Kombes Pol Mohammad Iqbal, selaku Kasatgas Opsda Lilin Kapuas 2022 perihal hasil pelaksanaan operasi Kepolisian terpusat Lilin Kapuas 2022 di Kalbar, secara umum berjalan lancar.

“Dapat disampaikan secara umum pelaksanaan operasi Lilin 2022 berjalan aman dan lancar dengan pengerahan perkuatan personel yang terlibat sebanyak 1.928 personel Polda dan polres jajaran, serta dengan menggelar 38 Pos pengamanan, 18 pos pelayanan dan 8 pos terpadu yang tersebar di 14 polres dan polresta jajaran,” ungkapnya.

Petit menerangkan, selama Operasi Lilin 2022 dilaksanakan, terjadi sejumlah gangguan kamtibmas antara lain terdapat sebanyak 78 kasus yang terdiri dari 67 kasus konvensional, 7 kasus transnasional, 4 kasus kekayaan negara.

Ia menerangkan, dari 78 kasus tersebut, 20 diantaranya merupakan crime indeks yang terdiri dari 6 kasus curanmor, 8 kasus pencurian dengan pemberatan dan 6 kasus Narkoba.

“Berdasarkan data yang disampaikan Dirlantas Polda Kalbar, dapat kita lihat bahwa untuk kejadian kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 13 kasus, dengan penjelasan korban antara lain sebanyak 6 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 8 orang luka ringan dan kerugian materil hingga Rp 30.550.000,” katanya.

“Sedangkan untuk pelanggaran lalu lintas terdapat 2.169 orang terdiri dari 2.161 orang mendapatkan teguran dan 8 orang mendapatkan tilang,” tambah Petit.

Selanjutnya, sementara hingga laporan hasil pelaksanaan Operasi Terpusat Lilin 2022 yang telah digelar ini, kata Petit, belum ada hal-hal menonjol lainnya yang terjadi, khususnya pada malam Natal maupun malam pergantian tahun, selain dari perkara yang telah disampaikan tadi. (Jau)

Sumber: Humas Polda Kalbar/Bripda Juni.

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Angin Puting Beliung Rusak Tujuh Rumah Warga Kubu

KalbarOnline, Kubu Raya - Tujuh rumah warga di pesisir Muara Kubu, Dusun Mekar Jaya, Desa…

6 hours ago

Harisson Larang Perpisahan Sekolah di Tempat Mewah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melarang sekolah-sekolah untuk semua jenjang…

13 hours ago

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

14 hours ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

1 day ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

1 day ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

2 days ago