Categories: MelawiSosBud

Lestarikan Tradisi Tionghoa, MABT Melawi Akan Gelar Festival Barongsai

KalbarOnline, Melawi – Untuk pertama kalinya, Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar akan menggelar Festival Barongsai 2022.

Ketua MABT Melawi, Taufik mengatakan, festival barongsai kategori tradisional ini akan digelar pada tanggal 10 Desember 2022 di lapangan Perbasi Kota Nanga Pinoh.

Dijelaskannya, festival ini nantinya tidak hanya terbatas diikuti oleh tim barongsai dari kabupaten/kota di Kalbar, namun dari luar Kalbar juga diperbolehkan mengisi momen ini dan nantinya bisa menampilkan kemahirannya dalam memainkan atraksi kesenian barongsai.

“Perlombaan atraksi barongsai ini akan memperebutkan piala bergilir Bupati Cup dan piala tetap MABT Cup. Selain itu, kami juga menyiapkan medali hingga uang pembinaan puluhan juta rupiah kepada pemenang juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2,” terang Taufik, Jumat (04/11/2022).

Dia mengungkapkan, tujuan festival kebudayaan ini selain menjaga kelestarian tradisi Tionghoa, juga akan menjadi agenda tahuna karena memiliki potensi yang besar dalam mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di daerah setempat.

“Selama ini atraksi barongsai selalu dimainkan setiap perayaan Tahun Baru Imlek dan di berbagai acara-acara seremonial. Kali ini kita kemas dalam sebuah festival yang menarik,” tutup Wakil Ketua DPRD Melawi itu. (BS)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

4 hours ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

5 hours ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

5 hours ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

5 hours ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

5 hours ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

18 hours ago