Lestarikan Tradisi Tionghoa, MABT Melawi Akan Gelar Festival Barongsai

KalbarOnline, Melawi – Untuk pertama kalinya, Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar akan menggelar Festival Barongsai 2022.

Ketua MABT Melawi, Taufik mengatakan, festival barongsai kategori tradisional ini akan digelar pada tanggal 10 Desember 2022 di lapangan Perbasi Kota Nanga Pinoh.

Dijelaskannya, festival ini nantinya tidak hanya terbatas diikuti oleh tim barongsai dari kabupaten/kota di Kalbar, namun dari luar Kalbar juga diperbolehkan mengisi momen ini dan nantinya bisa menampilkan kemahirannya dalam memainkan atraksi kesenian barongsai.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Jadi Pembicara Seminar Nasional Pekan Gawai Dayak ke-37 Provinsi Kalbar

“Perlombaan atraksi barongsai ini akan memperebutkan piala bergilir Bupati Cup dan piala tetap MABT Cup. Selain itu, kami juga menyiapkan medali hingga uang pembinaan puluhan juta rupiah kepada pemenang juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2,” terang Taufik, Jumat (04/11/2022).

Dia mengungkapkan, tujuan festival kebudayaan ini selain menjaga kelestarian tradisi Tionghoa, juga akan menjadi agenda tahuna karena memiliki potensi yang besar dalam mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di daerah setempat.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Buka Gawai Nyapat Tautn ke-XII Kecamatan Simpang Hulu

“Selama ini atraksi barongsai selalu dimainkan setiap perayaan Tahun Baru Imlek dan di berbagai acara-acara seremonial. Kali ini kita kemas dalam sebuah festival yang menarik,” tutup Wakil Ketua DPRD Melawi itu. (BS)

Comment